Berikut Ini Tips Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Anak Yang Bisa Bunda Lakukan Sehari-Hari

Berikut Ini Tips Menjaga Kesehatan Dan Keselamatan Anak Yang Bisa Bunda Lakukan Sehari-Hari

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa anak merupakan titipan dari Tuhan yang harus kita jaga dan harus kita rawat dengan sebaik mungkin. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang tips dan trik dalam merawat kesehatan dan keselamatan pada anak. Lantas, seperti apa sajakah tips-tips yang harus kita lakukan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips menjaga kesehatan dan keselamatan anak, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Jaga Kebersihan Anak :

– Mandikan anak anda dengan menggunakan sabun khusus anak dan air bersih minimal 2 kali sehari, dan mandikan juga anak ketika anak anda terlihat kotor tubuhnya karena sehabis bermain di luar misalnya.

– Cuci rambut anak anda dengan menggunakan shampoo untuk perawatan tubuh anak minimal 2 kali sehari (3 kali dalam seminggu).

– Cuci tangan dan kaki anak dengan sabun setiap kali terlihat kotor, misalnya sehabis bermain, makan, dan lain sebagainya.

– Ganti baju dan pakaian dalam anak anda setelah mandi, setelah bermain, atau jika basah karena terkena air atau kotor.

– Jangan lupa gunting kuku tangan dan kaki anak secara teratur serta jaga kebersihannya.

– Bunda bisa mulai mengajari anak untuk buang air besar dan kecil di kamar mandi secara bertahap.

– Jaga kebersihan pakaian, mainan, serta tempat tidur anak.

– Jaga kebersihan perlengkapan makan dan minum anak.

  1. Hindarkan Anak Dari Bahaya :

– Jauhkan anak dari benda-benda yang berbahaya yang dikira sebagai makanan atau minuman seperti : obat-obatan, racun tikus, sabun, dan lain sebagainya.

– Jauhkan anak dari benda panas yang bisa membahayakan dirinya seperti : setrika, kompor, termos air, tempat pembakaran sampah, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips merawat kesehatan dan keselamatan pada anak, yang harus bunda lakukan sendiri dirumah. Dengan mengikuti tips tersebut, tentunya kesehatan dan keselamatan si kecil akan senantiasa terjaga.

You might also like