Dapur Minimalis Warna Hijau Kuning

Tips Menata Dapur Minimalis Agar Tetap Bersih

Sebagai tempat untuk memasak makanan sehari-hari, dapur merupakan ruangan yang frekuensi pemakaiannya tak kalah banyak dengan ruangan lain di dalam sebuah rumah. Tempat ini pun sangat berpotensi untuk kotor dan berantakan karena kegiatan memasak yang kita lakukan setiap harinya. Padahal kebersihan dapur merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh disepelekan. Nah, di sini kami akan menyajikan sejumlah tips menata dapur minimalis agar tetap bersih.

  • Keringkan Peralatan Dapur Sebelum Disimpan

Menjaga dan menata dapur agar bersih ya tentu saja berhubungan langsung dengan perabotan dan peralatan dapur itu sendiri. Untuk mendapatkan dapur yang selalu bersih, pastikan peralatan dapur Anda kering sebelum di simpan. Keadaan peralatan yang basah dan langsung disimpan, akan membuat peralatan berbau dan kemungkinan ada noda membandel yang akan menempel.

  • Gunakan Wadah yang Transparan

Jika Anda telah terbiasa menggunakan wadah plastik, maka cobalah menggantinya dengan wadah kaca yang transparan. Alternatif lain, Anda bisa memberikan label pada wadah. Hal ini dimaksudkan agar ketika Anda hendak mengambil bumbu, maka Anda tidak perlu mengecek dan membuka satu-persatu wadah yang selain dapat membuatnya cepat kotor, dan tentu dapur Anda juga jadi berantakan.Tips Menata Dapur Minimalis Agar Tetap Bersih

  • Bersihkan Bagian-bagian Dapur Secara Rutin

Kalau ini sudah pasti hukumnya, untuk menjaga kebersihan, maka kita harus rajin membersihkannya. Bagian dapur yang biasanya kotor dan harus kamu bersihkan dengan segera misalnya bak cuci dan peralatan memasak. Terlebih lagi jika Anda baru saja memasak makanan berminyak. Peralatan masak dan bak cuci yang tidak Anda bersihkan secara langsung akan membuatnya semakin kotor. Pastikan pula Anda menggunakan sabun cuci peralatan masak yang tepat dan efektif dalam membersihkan peralatan Anda.

  • Sediakan Tempat Sampah

Akan sangat lucu jadinya apabila Anda tidak memiliki tempat sampah di dapur minimalis Anda. Pastikan untuk meletakkan tempat sampah di dapur Anda. Agar lebih bersih, pakai tempat sampah yang memiliki kantung khusus agar keranjangnya tidak terlalu kotor dan pisahkan antara sampah basah dan kering. Jangan biarkan sampah menggunung. Buang secara rutin agar tidak mencemari kebersihan dapur Anda.Dapur Minimalis Warna Hijau Kuning

  • Susun Peralatan Dapur Sesuai Frekuensi Penggunaan

Tempatkanlah peralatan yang lebih sering Anda pakai di luar atau setidaknya di tempat yang mudah untuk dijangkau. Peralatan dapur yang tidak sering dipakai namun ditempatkan di luar lemari akan berbedu dan membuat dapur Anda kotor. Jadi, cermatlah dalam menata peralatan.

Itulah beberapa tips menata dapur minimalis agar tetap bersih. Dapur yang kotor tidak akan bisa menghasilkan masakan yang sehat. Karena lingkungan yang bersih adalah faktor pendukung utama kesehatan kita.

You might also like