Tips Memilih Pengembang Perumahan Cibubur yang Tepat

Tips Memilih Pengembang Perumahan Cibubur yang Tepat

Kehadiran jalan tol Jakarta-Bogor serta perkembangan infrastruktur lainnya membuat pengembangan perumahan Cibubur makin dilirik oleh para pengembang dan kaum urban. Cibubur yang berada di antara Jakarta Timur dan Bogor membuat kawasan ini dipandang sebagai lokasi yang ideal bagi masyarakat yang mencari lokasi hunian jauh dari keramaian ibukota namun masih cukup dekat dengan perkantoran. Tingginya tingkat hunian di kawasan ini mulai tampak dari mulai padatnya kawasan perumahan di Cileungsi dan hadirnya beragam tempat wisata serta pusat perbelanjaan. Daya tarik ekonomi dan wisata inilah yang memikat pengembang besar mengembangkan perumahan mewah seperti Citra Grand, Kota Wisata Legenda Wisata dan lainnya di kawasan ini.

Di samping hunian kelas menengah ke atas, Cibubur juga mulai populer berkat hadirnya perumahan murah yang mulai marak tiga tahun terakhir. Sebut saja perumahan Lumina Hills, Casavera Townhouse hingga The Wiladatika Residence merupakan perumahan Cibubur yang mulai dilirik oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Di samping uang muka dan angsuran yang terjangkau, desain rumah yang beragam membuat perumahan murah di kawasan ini menjadi pilihan masyarakat. Belum lagi dengan adanya program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) membuat masyarakat memiliki lebih banyak pilihan pengembang perumahan. Jika Anda ingin menikmati kemudahan dalam memiliki rumah di kawasan Cibubur, tak ada salahnya mengikuti tips berikut agar bisa menemukan pengembang perumahan yang tepat.

  1. Gali informasi mengenai reputasi pengembang perumahan

Banyak calon pembeli perumahan yang mengabaikan reputasi pengembang ketika membeli rumah baru. Akibatnya, tak jarang dari mereka yang tertipu saat pengurusan surat, pembayaran maupun dalam hal lainnya di kemudian hari. Tentu Anda tak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari informasi mengenai reputasi pengembang perumahan sebelum membeli rumah. Perusahaan pengembang perumahan yang profesional dan berkualitas, pasti memiliki surat-surat ijin peruntukkan tanah seperti Surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah (SIPPT), surat ijin lokasi perumahan, sertifikat tanah dan Surat Ijin Penggunaan Bangunan. Pastikan pengembang perumahan Cibubur yang hendak Anda beli, memiliki semua kelengkapan surat ini.

  1. Menanyakan sertifikat bangunan pada pengembang

Di samping reputasi pengembang perumahan, hal yang tak kalah penting yakni surat-surat yang berhubungan dengan bangunan yang akan Anda beli. Perumahan murah memang sangat menggiurkan, tapi ada proses tertentu yang harus Anda pahami sebelum membelinya. Ketika hendak membeli perumahan Cibubur murah ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa sertifikat rumah masih atas nama pengembang. Proses pembelian rumah bersertifikat atas nama pengembang akan lebih mudah daripada pembelian rumah yang sudah diperjualbelikan ke orang lain sebelumnya. Jika sertifikat rumah masih atas nama pengembang, maka proses pengalihan nama dan pengurusan SHM akan lebih cepat. Anda pun bisa memiliki legalitas kepemilikan tanah dan bangunan dengan mudah, bahkan di perumahan murah Cibubur, Anda bisa memiliki rumah tanpa DP.

  1. Membayar DP setelah KPR disetujui

Pengembang perumahan yang profesional seperti pengembang perumahan Cibubur, tak akan keberatan jika Anda memilih untuk membayar DP setelah pengajuan KPR disetujui oleh pihak bank. Hal ini penting untuk menghindari penipuan dan kerugian di kemudian hari. Besaran uang muka pembelian rumah biasanya sebesar 30% dari harga rumah tersebut. Besaran tersebut tentu bukanlah angka yang kecil. Bayangkan jika Anda telah membayar DP sementara pengajuan kredit belum disetujui atau bahkan tidak disetujui oleh pihak bank. Tentu Anda akan sangat dirugikan bukan? Oleh sebab itu, tunggulah persetujuan kredit dari bank terlebih dahulu sebelum membayar DP agar pembelian rumah bisa terlaksana dengan lancar dan Anda pun terhindar dari kerugian.

You might also like