Tips Memilih Keramik untuk Lantai Rumah Anda

Tips Memilih Keramik untuk Lantai Rumah Anda

Pemilihan keramik yang akan dipasang pada setiap ruangan memiliki fungsi sebagai penunjang kegiatan Anda yang dapat berpengaruh terhadap karakter ruangan tersebut. Perhatikan beberapa poin penting dalam memasang keramik agar ruangan Anda memberikan karakter yang kuat dan menambah nilai keindahan pada ruangan.

Dengan banyaknya berbagai macam keramik yang terjual di pasaran, terkadang kita jadi bingung memilih entah itu ukuran, jenis, merk dan juga model kemarik terbaik yang sesuai dengan ruangan. Untuk itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih keramik untuk lantai rumah Anda.

Pilih sesuai dengan budget

Sebelum Anda membeli keramik, pastikan Anda menetapkan dahulu anggaran atau budget yang akan digunakan untuk membeli keramik. Hal ini tentu perlu diperhatikan mengingat banyaknya varian harga yang ditawarkan oleh masing-masing produk. Anda bisa memilih keramik yang murah namun tetap berkualitas. Perhitungkan baik-baik jumlah keramik yang akan Anda beli sehingga Anda bisa membeli keramik dalam satu warna dan tentunya mengurangi resiko pembelian keramik terhadap perbedaan warna yang didapatkan.

Ukuran keramik

Tentukan ukuran keramik yang ingin Anda beli berdasarkan dengan ukuran ruangan Anda. Untuk ruang tamu mungkin Anda bisa menggunakan keramik yang besar untuk memberi kesan ruangan yang luas. Sedangkan untuk dapur, Anda bisa memilih keramik dengan ukuran yang kecil. Setiap keramik memiliki ukuran dan ketebalan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda memilih ukuran dan ketebalan yang sama dalam memilih keramik. Jangan sampai Anda salah dalam membeli ukuran karena nanti apabila dipasang akan terlihat beda ukuran dan ketebalannya.

Warna & motif keramik

Pilih warna keramik yang sesuai dengan selera Anda. Memilih warna pada keramik tidak bisa sembarangan, hal ini harus diimbangi dengan warna cat dinding rumah Anda beserta furniture yang ada di dalamnya. Apabila Anda ingin memilih keramik dengan motif berbagai macam, ada baiknya selaraskan dengan desain ruangan Anda agar terlihat seimbang. Pilihlah motif keramik yang unik dan tidak pasaran. Pemilihan motif keramik yang unik ini tentu menambah nilai keindahan tersendiri bagi rumah Anda. Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna keramik yang memiliki tingkat warna yang sama sehingga menimbulkan kesan yang unik, menarik dan memiliki nilai seni sendiri.

Sesuaikan dengan fungsi ruangan

Memilih keramik untuk ruangan pada rumah Anda tentu perlu disesuaikan dengan kegunaan ruangan tersebut. Misalnya, gunakan keramik dengan permukaan yang kasar untuk ruangan yang sering terkena air seperti kamar mandi, ruangan cuci dan dapur. Tentunya permukaan yang kasar ini memberikan fungsi agar tidak licin dan tidak membahayakan bagi penghuninya. Untuk ruangan seperti kamar, ruang tamu serta ruang keluarga, Anda bisa menyesuaikan dengan konsep atau warna cat pada dinding ruangan tersebut. Anda bisa memilih permukaan lantai yang mengkilap atau glossy karena permukaan tersebut sangat halus dan nyaman digunakan untuk bersantai di lantai, serta mudah dibersihkan.

Pilih keramik yang bergaransi

Sebelum Anda membeli keramik dengan jumlah yang banyak, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal yang satu ini. Sangat penting bagi Anda memilih keramik yang mempunyai garansi, sebab jika terjadi cacat saat dibuka segelnya Anda masih bisa menukarnya dengan yang bagus. Anda juga harus memperhatikan jangka waktu masa garansi tersebut. Apabila garansi diberikan selama sebulan, sebaiknya Anda membelli keramik seminggu sebelum pemasangan. Jangan membeli keramik jauh-jauh hari sebelum proses pemasangan, Anda akan rugi bila keramik tersebut memiliki waktu garansi.

Itulah 5 tips memilih keramik yang sesuai untuk lantai rumah Anda. Pilihlah keramik yang sesuai dengan fungsi ruangan tersebut dan jangan lupa memilih keramik tentunya harus disesuaikan dengan warna cat pada rumah Anda agar terlihat menarik dan seimbang. Bila Anda ragu, anda bisa menyewa jasa interior design jakarta untuk membantu Anda menentukan keramik yang sesuai dengan furniture serta warna cat rumah Anda. Semoga bermanfaat!

You might also like