Balita Anda Alergi Susu Sapi

Tips Memberikan Makanan Bagi Anak yang Alergi Susu Sapi

Kandungan zat pada susu formula memang baik bagi tumbuh kembang anak. Akan tetapi, lain halnya jika si kecil punya alergi terhadap susu sapi. Pemberian susu formula yang berupa susu sapi akan menyebabkan timbulnya reaksi alergi pada balita yang mengganggu kenyamanannya.

Sistem kekebalan tubuh yang terlalu sensitif terhadap hal baru akan menganggap susu sapi sebagai hal asing, sehingga timbullah perlawanan dari dalam tubuh berupa timbulnya reaksi alergi, seperti munculnya bintik merah pada kulit, gatal, dan sebagainya.

Apabila anak Anda mengalami alergi susu sapi, sebaiknya jangan berikan susu formula yang berasal dari susu sapi. Perhatikan juga makanan dan minuman yang dikonsumsi olehnya, di mana pastikan tidak ada makanan dan minuman yang mengandung unsur susu sapi. Anda dapat menggantinya dengan menu makanan untuk balita yang lebih aman. Inilah beberapa makanan bernutrisi sebagai tips Anda dalam memilih jenis makanan yang baik dan aman bagi anak.

Balita Anda Alergi Susu Sapi

  1. Tajin atau Susu Beras

Berdasarkan penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, tajin atau susu beras mempunyai khasiat yang baik bagi anak. Kandungan dalam tajin di antaranya adalah enzim, kalsium, zat besi, antioksidan, serta vitamin B dan E. Selebihnya, terdapat mikro selenium yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi.

  1. Susu Kedelai

Tips selanjutnya adalah memberikan susu kedelai. Menurut laman dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kandungan nutrisi susu kedelai setara dengan susu sapi, di mana mengandung 3,5% protein, 2,9% karbohidrat, dan 2% lemak. Meskipun anak yang alergi susu sapi diperbolehkan mengonsumsi susu kedelai, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Tujuannya untuk memastikan bahwa anak tidak mengalami gangguan alergi yang disebabkan oleh susu kedelai yang masih mengandung unsur susu sapi. Apabila alerginya tidak parah, maka umunya diperbolehkan karena unsur susu sapi dalam susu kedelai tidak banyak.

  1. Susu Formula Asam Amino

Susu formula asam amino merupakan bahan dasar pembuatan susu formula hipoalergenik (HA). Rasa susu formula ini lebih enak dan umumnya mudah diterima oleh sebagian besar bayi. Mengonsumsi susu ini tergolong aman dan tidak menimbulkan alergi sebagai efek sampingnya. Akan tetapi, harga susu ini terbilang cukup mahal dan tidak terjangkau oleh semua kalangan.

  1. Biskuit Khusus Bayi

Makanan selanjutnya yang bernutrisi baik bagi bayi selain susu formula dari sapi adalah biskuit. Biskuit khusus bayi mempunyai kandungan gizi yang sesuai dengan keperluan bayi. Kandungan serta, protein, dan vitaminnya dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya. Anda dapat mengenalkannya pada makanan ini.

  1. Makanan Padat Pendamping ASI (MPASI)

Terakhir adalah makanan utama berupa makanan padat pendamping ASI (MPASI). Anda dapat memberikannya pada bayi. Usahakan untuk memberinya makanan ini secara teratur dalam porsi yang sesuai dengan usianya. Makanan pendamping ASI ini dapat berupa bubur, sereal kacang-kacangan, dan buah. Dengan demikian, cakupan nutrisi yang diperlukan akan terpenuhi.

Alergi pada balita memang sangat mengkhawatirkan. Reaksi alergi yang ditimbulkan merupakan hal yang dapat mengganggu aktivitas balita sehari-hari. Balita yang mengalami alergi susu sapi harus diberikan makanan lain yang mampu menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa makanan untuk balita di atas merupakan solusi untuk Anda agar anak tetap terpenuhi kebutuhan gizinya, meskipun tanpa susu sapi.

You might also like