Cara Membuat Kopi Susu yang Enak

Sebelum Membuat Kopi Sendiri, Jenis-Jenis Olahan Kopi dan Susu ini Perlu Anda Tahu

Akhir-akhir ini kedai kopi mulai menjamur di berbagai kawasan. Tak lagi identik sebagai lokasi ‘ngerumpi’ para lelaki saja melainkan sebagai tongkrongan asyik berbagai usia untuk berbagai acara. Hal itu tak lepas dari ketersediaan berbagai jenis kopi dan olahannya di kedai-kedai tersebut. Untuk seorang yang tak terlalu suka kopi pun, seorang barista pasti tahu dong cara membuat kopi susu yang enak untuk pelanggannya. Sebelum Anda turut mencoba, ada baiknya Anda tahu beberapa olahan kopi susu.

  1. Cafe Latte

Anda mungkin sering melihat iklan seorang barista tengah melukis di permukaan kopi dalam cangkir khas. Nah, itu namanya Cafe Latte yang populer di kawasan Amerika. Kopi susu yang terbuat dari Espresso dan Susu dengan perbandingan 3:1 atau 4:1 ini memang identik dengan foam lukisan di permukaan.

  1. Cappucino

Cappucino sudah tidak asing lagi bahkan bagi orang-orang yang tak suka kopi. Dalam racikan ini, kandungan susu menjadi lebih dominan, yaitu espresso dan susu dengan perbandingan 1:3. Agak lain dengan Cafe Latte, Cappucino memiliki foam yang lebih tebal tanpa lukisan dan ditambah dengan taburan cokelat.

  1. Mochacino

Jenis yang satu ini cocok untuk pecinta rasa coklat. Ya, Mochacino yang awalnya merupakan olahan kopi dari Mocha, Yaman ini merupakan perpaduan Espresso, Coklat dan Susu. Tak ada alasan menolak kopi lagi, ya, bagi para pecinta cokelat.

  1. Macchiato

Hampir mirip dengan yang lain tentu saja, Macchiato berbahan Espresso dan Susu namun dengan perbandingan yang berbeda. Ada dua jenis dalam olahan ini yang bisa Anda sesuaikam dengan karakter Anda. Pertama, Latte Macchiato, segelas susu yang ditambah sedikit kopi Espresso. Kedua, Espresso Macchiato, kali ini kopi menjadi dominan dengan segelas kopi yang hanya ditambah sedikit susu saja.

  1. Flat White

Flat White memiliki karakter pertengahan. Jenis ini mengandung susu lebih banyak dari Cafe Latte dan tidak memiliki foam, jadi rasanya lebih kuat. Namun Flat White lebih lembut citarasanya dibandingkan Cappucino.

Ada satu resep yang bisa Anda coba secara mandiri. Cukup siapkan 1 sachet susu kental manis, kopi hitam, creamer, masing-masing 1 sendok makan. Lalu ½ sendok teh cokelat, 3 sendok teh gula pasir dan tentu saja air panas.

Siapkan cangkir Anda, masukkan kopi, cokelat, creamer, lalu aduk. Tambahkan gula dan susu kental manis. Terakhir masukkan air panas. Hmm.. kopi susu Anda sudah siap menemani aktivitas hari ini.

Jadi mana favorit Anda? Bila Anda terlanjur jatuh cinta namun tak selalu punya waktu untuk mampir ke kedai kopi, Anda bisa mencoba sendiri cara membuat kopi susu yang enak dengan perbandingan yang sudah disebutkan. Cukup siapkan kopi dan susu, lalu berkreasilah.

You might also like