Perlengkapan Mendaki Gunung

Perlengkapan Utama Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan bertema alam yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyenangkan, tentu kegiatan seperti ini juga harus dilakukan dengan keamanan lebih. Pasalnya, trek atau jalur pendakian umumnya memiliki kondisi yang sangat curam dan ekstrim. Sehingga keamanan menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan. Perlengkapan mendaki gunung juga harus dipesiapkan sebelum tracking dilakukan.

Perlengkapan tracking atau mendaki gunung identik dengan tenda dan sebagainya. Namun, selain perlengkapan tersebut masih banyak perlengkapan lain yang memiliki fungsi lebih bagi seorang pendaki. Melindungi tubuh dari dinginnya suhu pegunungan di malam hari serta panasnya terik sinar matahari di siang hari. Membuat tubuh harus dilindungi dengan pakaian khusus sehingga tubuh tidak merasakan kedinginan maupun kepanasan saat pendakian berlangsung.

Penggunaan Jaket Gunung Sebagai Pelindung Tubuh Ideal

Jaket gunung idealnya mampu melindungi tubuh dari dinginnya suhu pegunungan serta panasnya suhu di siang hari. Saat melintasi jalur demi jalur biasanya fisik semakin lemah dengan kondisi suhu yang tidak menentu. Namun, sebagai seorang pendaki hal tersebut tidak boleh terjadi karena bisa menghambat aktivitas pendakian mereka.

Disinilah fungsi dari jaket gunung yang biasanya menjadi alternatif pakaian bagi seorang pendaki. tidak banyak yang tahu jika pakaian ini memiliki fungsi yang begitu banyak, yaitu:

  1. Melindungi tubuh dari dinginnya suhu pegunungan di malam hari
  2. Melindungi tubuh dari sengatan matahari yang begitu panas, karena bahan yang digunakan biasanya dapat menahan pantulan matahari sehingga tidak sampai meresap ke dalam kulit.
  3. Dapat menahan air hujan masuk ke dalam tubuh. Karena umumnya jaket gunung dilengkapi dengan bahan anti air atau waterproof sehingga sangat aman saat turun hujan.

Dari fungsi tersebut, penggunaan pakaian ini memang menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan oleh seorang pendaki. Karena saat aktivitas pendakian dilakukan berbagai rintangan kerap datang tanpa secara tiba-tiba. Hal inilah yang membuat seorang pendaki harus mempersiapkan segala kebutuhan sebelum pendakian dilakukan.

Selain penggunaan jaket gunung, masih ada satu perlengkapan yang sangat penting digunakan saat melakukan pendakian, yaitu sepatu gunung. Sebagai perlengkapan wajib, sepatu gunung juga memiliki fungsi yang tak kalah dari jaket gunung. Umumnya perlengkapan ini digunakan untuk melindungi telapak kaki dari tajamnya batuan gunung yang begitu berbahaya apabila terkena kaki. Namun, selain itu sepatu gunung juga memiliki fungsi lainnya, yaitu sebagai berikut:

  1. Memberikan keamanan dan kenyamanan saat pendakian berlangsung
  2. Melindungi kaki dari tajamnya bebatuan gunung yang bisa saja melukai kaki anda.
  3. Melindungi kaki dari bahaya lain seperti gigitan hewan liar, tanaman berduru, ataupun untuk menjaga kaki dari dingin dan panasnya suhu pegunungan.
  4. Menahan pijakan saat melintasi jalur pendakian terjal. Umumnya bahan yang digunakan tidak mudah licin meskipun dalam kondisi basah sekalipun. Sehingga sangat aman digunakan.

Dari fungsi di atas, maka penggunaan sepatu gunung sama pentingnya dengan jaket gunung. Dua perlengkapan mendaki gunung ini menjadi alat pelindung tubuh yang paling ideal digunakan. Selain dua perlengkapan tersebut, sebenarnya masih ada banyak sekali perlengkapan dan alat pendakian gunung yang wajib dibawa saat melakukan tracking. Misalnya saja seperti tenda, matras, slepping bag, sarung tangan, kaos kaki, pelindung kepala, peralatan masak, senter, alat nagigasi, dan lain sebagainya.

Mendaki gunung bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan tatkala anda bisa mencapai puncak sesuai yang diharapkan. Untuk itu, kebutuhan seperti perlengkapan mendaki gunung juga harus diperhatikan agar keamanan dan kenyamanan tetap terjaga dan anda bisa pulang dengan selamat.  

You might also like