Harga Hewan Kurban Domba

Metode Penyembelihan Hingga Pembagian Qurban Domba Tanpa Bau

Bagi Anda yang akan melaksanakan qurban perlu mengetahui cara memilih hewan qurban domba sesuai dengan syariat yang benar. Anda juga lebih baik melakukan penyembelihan dengan sendiri untuk itu Anda perlu mengetahui cara menyembelih yang benar. Berikut ini metode yang dapat Anda gunakan untuk menyembelih hewan qurban tanpa menimbulkan bau.

  1. Gunakan Pisau Khusus

Saat melakukan penyembelihan, Anda harus menggunakan pisau yang sangat tajam dengan mengasahnya lebih dahulu. Namun Anda perlu mengetahui untuk tidak mengasah pisau di depan hewan agar tidak membuatnya menjadi takut.

Selain pisau yang tajam agar daging domba tidak menimbulkan bau maka gunakan pisau yang khusus untuk penyembelihan. Bisa juga dengan  menggunakan pisau hanya khusus untuk daging. Sebelum Anda melakukan penyembelihan menggunakan pisau cuci hingga bersih dari karat yang menempel pada pisau.

  1. Cara Memegang Pisau

Tidak hanya persiapan pisaunya yang tajam dan khusus, Anda juga harus memperhatikan cara memegang pisau. Cara memegang yang benar agar daging domba tidak bau dengan pisau mengarah turun kemudian bagian gagang pisau di atas dipegang dengan menggunakan tangan kanan Anda.

Cara Menyembelih Kambing Qurban

  1. Posisi Penyembelih

Anda sebagai penyembelih harus mengambil posisi di belakang domba. Tangan kiri Anda memegang rahang bawah atau leher yang lebih dekat ke pipi domba. Kaki kiri Anda sebagai penyembelih terletak di bagian depan dan kaki kanan terletak di bagian belakang hewan domba.

Posisi lutut kiri Anda sebagai penyembelih terletak di atas leher domba. Ketika tangan kiri Anda memegang rahang bagian bawah ikuti bersamaan dengan napas domba. Jika domba menarik napas maka Anda juga ikut menarik napas dan ikut melepaskan napas juga bersamaan dengan domba.

  1. Waktu Pemotongan

Saat domba mengeluarkan napas maka saat itu juga pisau yang Anda pegang mulai memotong leher domba. Anda harus memperhatikan waktu ini dengan sangat baik. Jangan lupa untuk membaca bismillah, takbir,  dan doa sebelum menyembelihan dimulai. Hewan qurban juga sudah di letakkan mengarah ke kiblat.

Saat proses penyembelihan berlangsung dengan posisi pisau yang masih menempel di leher domba maka Anda sebagai penyembelih harus menahan napas. Pastikan posisi pisau Anda tepat dan dengan kekuatan yang pas hingga memutus tenggorokan dan kerongkongan domba. Pastikan seluruh darah domba yang disembelih masuk ke dalam lubang penampungan yang telah dipersiapkan.

  1. Pengulitan Domba

Proses pengulitan hewan domba dilakukan menggantungnya dengan menggunakan tatanan kayu dan meletakkannya secara telentang. Anda perlu menyediakan meja atau alas plastik untuk meletakkan daging domba yang dikuliti.

Setelah selesai daging domba tersebut tidak dibiarkan terbuka dalam waktu lama. Anda sebaiknya meminta panitia untuk langsung memasukkan daging yang telah dipotong-potong ke dalam plastik yang bersih. Pisahkan pembungkusan atau plastiknya dengan bagian organ lain dari domba seperti hati dan jeroan.

  1. Pembagian Daging

Bagikan daging secepat mungkin setelah seluruh proses penyembelihan hingga pembungkusan dilakukan. Pembagian yang sesuai yaitu 1/3 bagian untuk orang yang berqurban, 1/3 untuk orang fakir, dan 1/3 untuk pada tetangga. Pemberian daging qurban dengan cepat akan membuat penerima daging juga cepat mengolahnya sehingga daging domba tidak bau.

Anda dapat membeli domba di pasar hewan, peternak, atau pilihan lain secara online. Anda dapat membeli setelah memiliki uang yang cukup sesuai dengan harga dari hewan qurban tersebut. Qurban domba atau hewan lain kambing dan juga sapi dapat menerapkan metode pemotongan hewan qurban ini hingga selesai.

You might also like