Menyulap Bakul Nasi Menjadi Lampu Gantung

Menyulap Bakul Nasi Menjadi Lampu Gantung

Lampu gantung merupakan salah satu barang yang biasanya digunakan untuk menerangi ruangan namun juga memiliki fungsi lain untuk melengkapi, menghiasi dan menanbah keindahan pada tampilan interior ruangan. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis lampu gantung di pasaran dengan mudah dari jenis modelnya yang beragam, harga jual lampu gantung yang bervariatif, ukuran lampu gantung yang bervariasi, sampai desainnya yang unik – unikpun ada.

Namun jika Anda menginginkan lampu gantung yang berbeda dari yang lain, Anda bisa membuatnya sendiri. Anda bisa menggunakan barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai di rumah untuk dijadikan bahan pembuat lampu gantung, salah satunya bakul nasi. Yup bakul nasi yang sudah tidak Anda pakai bisa Anda sulap menjadi lampu gantung yang unik loh.

Anda bisa membuat lampu gantung dari bakul nasi bekas dengan hanya sedikit memodif bagian bakul nasi agar menjadi lebih simpel untuk bakul ukuran besar, dan membuat lubang sebagai tempat lampu bohlam. Berikut ini sedikit tips dan langkah bagaimana membuat lampu gantung dari bakul bekas.

Alat dan Bahan

  • Bakul nasi
  • Bohlam lampu
  • Fitting lampu
  • Kabel
  • Selongsong kabel spiral atau selongsong kabel biasa

Menyulap Bakul Nasi Menjadi Lampu Gantung

Langkah – Langkah Membuat Lampu Gantu Dari Bakul Nasi

  1. Bersihkan bakul nasi yang tidak terpakai dari debu dan kotoran. Bakul nasi yang saya pakai disini adalah bakul nasi dengan ukuran kecil atau bakul nasi dengan ukuran ceper.
  2. Kemudian bolongi bagian bawah bakul, bolongi bakul dengan ukuran sesuai fiitng lampu.
  3. Rapihkan sisi bolongan agar bagian yang tidak rata dapat rata dan rapih.
  4. Anda bisa memberikan warna pada bakul nasi Anda atau memberikan sentuhan desain gambar pada bakul nasi dengan menggunakan cat minyak.
  5. Lalu pasang lampu dan fitting lampu beserta rangkaian kabelnya, Anda bisa melapisi kabel dengan selongsong kabel spiral agar terlihat rapih.
  6. Kemudian masukkan lampu dari dalam bakul ke bawah lampu pada lubang yang sudah dibuat tadi. Dan Anda bisa mengetesnya, apakah rangkaian lampu yang Anda buat dapat menyala. Jika sudah sempurna, Anda bisa memasangnya pada ruang makan Anda.

Lampu gantung dari bakul nasi bekas ini merupakan salah satu inovasi yang dapat membantu menjaga lingkungan juga loh. Karena Anda dapat mengurangi sedikit penumpukan sampah, dan membuat barang yang sudah tidak memiliki nilai guna menjadi memiliki nilai guna kembali dengan mengalihkannya dari fungsi utamanya, dan juga Anda dapat menciptakan nilai harga jual lampu gantung bekas dengan harga yang lumayan.

Dengan membuat lampu gantung sendiri tentunya juga dapat mengurangi budget pengeluran Anda bukan, mengingat harga jual lampu gantung juga tidak murah. Uang hemat lampu gantung unik pun bisa Anda dapatkan. Semoga Bermanfaat.

You might also like