Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Menjaga Perkembangan Janin Dalam Kandungan Agar Tetap Sehat

Menjaga kandungan terutama pada minggu-minggu awal kehamilan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena kondisi janin yang belum sepenuhnya kuat di dalam kandungan anda. Oleh karena itu, anda tentu harus tau bagaimana cara untuk menjaga perkembangan janin yang masih berada di dalam kandungan. Ada beberapa cara sederhana yang dapat anda lakukan dirumah sebagai perawatan janin harian. Ini akan memberikan manfaat yang sangat besar agar kandungan anda senantiasa sehat. Apa saja cara menjaga janin dalam kandungan yang dapat dilakukan?

Hindari zat yang membahayakan janin

Janin membutuhkan asupan makanan untuk tetap berkembang. Oleh karena itu, salah satu faktor perkembangan janin yang harus anda jaga adalah nutrisi. Untuk mendapatkan kondisi janin yang senantiasa sehat, anda harus menghindari beberapa zat yang membahayakan janin anda. Dalam kehamilan, hindari konsumsi beberapa obat tertentu, kafein yang berlebihan, minuman beralkohol dan juga beberapa makanan junk food yang tidak memberikan nutrisi yang baik dalam kehamilan anda. Zat berbahaya yang terkandung dalam makanan tadi akan mengakibatkan janin tidak berkembang secara maksimal dan bisa saja mengakibatkan kelahiran secara premature.

Hindari aktivitas berat

Beraktivitas tentu tidak dilarang saat anda hamil. Akan tetapi, untuk menjaga perkembangan janin agar tetap sehat, tentu saja anda harus senantiasa menjaga pola aktivitas anda. Dalam hal ini, sebaiknya anda mengurangi beberapa aktivitas berat sehari-hari. Aktifitas yang berat akan sangat melelahkan dan tentu saja akan membuat anda mudah terkena penyakit dan kecapekan. Oleh karena itu, atur waktu istirahat anda dengan lebih bijak. Mengambil waktu istirahat yang lebih banyak tentu lebih baik untuk menjaga kondisi kehamilan anda agar lebih sehat sesuai dengan keinginan anda.

Perkembangan Janin Dalam Kandungan

Menjaga emosi

Kehamilan pada masa awal memang sedikit menguras emosi. Hal ini dikarenakan hormone yang belum stabil sehingga dapat membuat anda lebih emosi dan terkadang susah mengontrol diri sendiri. Untuk menjaga perkembangan janin anda agar senantiasa tetap sehat, menjaga emosi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Emosi yang terlalu tinggi akan mengakibatkan janin tidak tumbuh dengan maksimal. Oleh karena itu, sebaiknya anda memiliki time management yang baik sehingga anda akan jauh terhindar dari tekanan atau masalah. Ambil beberapa hari untuk bersantai dan liburan jika penat sedang mendera.

Menjaga asupan nutrisi

Sebagaimana sudah dijelaskan diawal, perkembangan janin tentu sangat dekat dengan asupan nutrisi yang anda konsumsi. Dalam hal ini, untuk menjaga kesehatan janin, anda perlu menjaga asupan nutrisi anda. Anda harus lebih selektif dan bijak dalam mengkonsumsi makanan yang ada. Jagalah pola konsumsi dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur setiap hari.

You might also like