Zakat Mal Dari Setiap Harta

Menghitung Nisab Zakat Mal Dari Setiap Harta yang Anda Miliki

Agaknya memang sudah menjadi salah satu kewajiban bagi umat islam untuk mengeluarkan zakat, guna mensucikan diri dan juga harta yang dimiliki, selain jenis zakat fitrah yang memang wajib dikeluarkan setiap tahunnya, khususnya menjelang datangnya lebaran, maka ada jenis lain yang juga sudah menjadi kewajiban, namun bagi beberapa kalangan tertentu saja, diantaranya adalah zakat mal atau yang berhubungan dengan harta kekayaan yang Anda miliki. Nisab zakat mal ini berbeda-beda untuk masing-masing orang, tergantung apa yang Anda miliki dan juga berapa nilainya.

Anggap saja Anda tinggal dalam sebuah negara, dimana bisa dapatkan sebuah wilayah yang aman, nyaman dan juga bisa mendapatkan penghasilan, maka nantinya diwajibkan untuk membayar pajak, maka Islam juga menganggapnya demikian. Setiap rejeki yang diberikan oleh Allah SWT sebenarnya tidak Cuma-Cuma, melainkan ada sebagian diantaranya yang merupakan hak juga kewajiban orang-orang yang membutuhkan, sehingga harus dikeluarkan uang zakat nya. Semakin banyak harta yang dimiliki agaknya zakat yang harus dikeluarkan juga semakin besar.

Tanpa dikeluarkan zakat nya maka sebenarnya Anda termasuk golongan orang-orang yang dzalim, kikir tak memperhatikan sesamanya. Lalu apa jenisnya dan berapa nilai yang harus dikeluarkan, diantaranya adalah:

Emas, sebagian banyak orang memilih menginvestasikan uangnya pada instrumen emas, melihat dari harganya yang selalu naik kian tinggi dari tahun ke tahun. Namun setiap ukuran emas yang Anda miliki tersebut juga harus dibayarkan dengan zakat, nisabnya adalah sebanyak 20 dinar, untuk 1 dinar nya adalah senilai 4,25 gram, sehingga bisa dihitung sendiri berapa ukuran yang dimiliki kemudian dapat diuangkan dan digunakan dalam membayar zakat nya.

Zakat Mal Dari Setiap Harta Kita

Perak, khusus jenis logam mulia yang satu ini maka menjadi sebuah kewajiban untuk mengeluarkan zakat nya ketika Anda memiliki nilai minimal adalah senilai 200 dirham, dimana untuk satu dirham sama dengan 595 gram. Perhitungannya adalah Anda harus membayar zakat dengan nilai 2,5% dari jumlah yang diwajibkan tersebut.

Binatang ternak, kepemilikan dari binatang ternak ini di rumah ternyata juga masuk salah satu bagian penting yang harus Anda keluarkan zakat nya, namun hanya beberapa jenis binatang tertentu saja, tidak semuanya, diantaranya adalah yang berharga tinggi, seperti halnya kambing, unta dan juga sapi.

Barang dagangan, setiap dari barang yang keluar masuk toko Anda harus dikeluarkan zakat nya, namun tidak semua hanya jenis-jenis khusus yang tinggi harga jualnya saja.

Hasil pertanian, memiliki lahan luas yang ditanami dengan berbagai macam tumbuhan, nantinya akan membuahkan panen, dari jumlah yang dipanen beberapa diantaranya wajib dizakati.
Harta karun, meskipun jarang namun masih banyak yang sering mendapatkannya, temuan ini juga harus dizakati.

Itulah sedikit yang harus Anda ketahui terkait dengan zakat mal.

You might also like