Memulai Bisnis Kos – Kosan

Memulai Bisnis Kos – Kosan

Memulai Bisnis Kos – Kosan

Prospek bisnis properti selalu menguntungkan coba anda pikirkan tentang bisnis kos – kosan. Selain jenis perumahan seperti cluster, townhouse, dan apartemen bisnis kos – kosan menjadi salah satu bisnis properti yang sangat menjanjikan. Tetapi ada hal – hal yang harus anda perhatikan yaitu :

  • Modal

Setiap bisnis properti sudah pasti harus punya modal yang besar apalagi anda ingin membangun kos-kosan. Ada beberapa orang yang bilang mulai lah dari beberapa kamar dahulu baru bertambah dengan seiringnya waktu. Tetapi tetap saja anda harus mengeluarkan modal setidaknya 50 juta. Tetapi jika anda belum mempunayi lahan untuk dibangun pasti modal yang dikeluarkan lebih banyak lagi. Mungkin anda bisa mengajukan peminjaman ke bank tetapi anda harus mengetahui persyaratan dan perkembangan suku bunga bi setiap bulannya karena itu akan mempengaruhi cicilan anda setiap bulannya.

  • Lokasi

Pilihlah lokasi yang strategis yang sekiranya banyak orang yang akan menyewa kos anda seperti daerah kampus, daerah perkantoran, daerah pabrik. Banyak orang yang mungkin tempat tinggalnya jauh dari tempat bekerja dan kuliah sehingga memilih untuk nge kos. Pastikan juga disekitar lokasi kosan banyak orang berjualan, ini akan menjadi nilai tambah dari kosan anda.

  • Harga

Harga kosan harus disesuaikan dengan daerah sekitarnya dan fasilitas yang diberikan. Harga kosan didaerah perkantoran dengan darerah kampus pasti harganya berbeda. Biasanya harga kosan daerah kampus lebih murah dibandingkan dengan perkantoran, tetapi tidak semuanya. Harga harus bersaing dengan kosan lain, jangan terlalu mahal tetapi fasilitas yang diberikan sama saja dengan kosan lain.

  • Fasilitas

Perhatikan fasilitas kosan seperti kasur, lemari, kipas angi dan perlatan kamar mandi. Dengan peralatan penting yang sudah disediakan akan memudahkan penyewa sehingga penyewa bisa saja merekomendasikan kosan anda ke orang lain.

  • Kebersihan

Anda harus mempunyai penjaga kosan yang bertugas untuk merawat kosan anda, sehingga lingkungan kosan anda rapih dan bersih. Apabila kosan anda terlihat kotor pasti tidak ada yang ingin menyewa kamar kosan anda.

You might also like