Menyajikan Masakan Sehat tapi Enak

Mau Menyajikan Masakan Sehat tapi Enak? Ini 5 Hal yang Harus Diingat

Mengonsumsi makanan dan minuman yang terjamin kualitasnya merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Anda pun perlu mengetahui dengan detail mengenai cara sehat menyajikan makanan. Mengapa demikian? Makanan yang disajikan secara sehat akan menjamin kebersihan dan tidak menyumbang kuman penyakit untuk tubuh. So, buat Anda yang sadar akan pentingnya kesehatan. Ingat 5 hal berikut ini ya!

  1. Mencuci Tangan Sebelum Mengolah dan Menyajikan Makanan

Tangan yang tidak terjaga kebersihannya akan mengganggu kesehatan akibat bersarangnya kuman dan bakteri. Oleh karena itu, cucilah tangan dengan air bersih dan sabun sebelum melakukan setiap aktivitas, termasuk ketika akan mengolah dan menyajikan makanan. Dengan pola hidup sehat tersebut, maka tahap penyajian makanan akan terjamin.

  1. Gunakan Peralatan yang Bersih

Peralatan merupakan bagian yang sangat penting, di mana setiap pengolahan dan penyajian makanan membutuhkan berbagai peralatan. Kebersihannya harus senantiasa dijaga agar terbebas dari kuman dan bakteri.

Bagaimana cara menjaga kebersihan peralatan tersebut? Anda dapat membersihkan setiap peralatan setelah dipakai dan menyimpannya di dalam rak penyimpanan yang terjaga kebersihannya. Selain peralatan memasak, perlengkapan makan dan minum meliputi piring, mangkok, gelas, cangkir, sendok, dan sebagainya harus higienis.

Masakan Sehat tapi Enak

  1. Pilih Bahan Makanan yang Masih Segar

Syarat ketiga dalam menyajikan masakan yang sehat adalah dengan memilih bahan makanan yang masih segar. Pastikan Anda memilih sayur yang masih hijau segar, daging yang segar (tidak berbau dan berlendir), serta bahan makanan lain yang masih layak untuk diolah. Bahan makanan yang masih segar tersebut akan terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Hidangkan Masakan Higienis dan Bernutrisi

Dengan menyajikan masakan higienis, maka mengonsumsi makanan menjadi aman. Selain faktor kebersihan, masakan yang sehat dapat diperoleh dengan cara menyediakan masakan bernutrisi lengkap dan cukup seperti yang dibutuhkan tubuh.

Anda dapat mengolah dan menyajikan masakan empat sehat lima sempurna yang terdiri dari nasi, sayur yang mengandung zat besi, lauk pauk berprotein, buah-buahan segar dan bervitamin, serta susu yang mengandung mineral. Anda dapat mengkreasikan menu sesuai selera agar nikmat untuk dimakan.

  1. Sajikan Hidangan Menarik

Makanan yang sehat sangat penting bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, faktor selera juga harus diperhatikan. Selain menyediakan variasi menu, Anda dapat menyajikan setiap hidangan secara lebih menarik. Hidangkan makanan yang variatif, misalnya sayuran dengan irisan dalam beragam bentuk dan beraneka warna.

Kesehatan tubuh sangat penting dan harus diutamakan. Salah satunya dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beragam cara sehat menyajikan makanan yang sudah dipaparkan tersebut sebaiknya mulai Anda terapkan.

You might also like