Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui

Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui

Orang tua zaman dahulu menggunakan jeruk nipis sebagai obat ketika mereka terserang sakit tenggorokan maupun batuk. Hal ini kemudian diwariskan ke anak cucu mereka. Segolongan generasi muda zaman sekarang pun masih mengikuti apa yang dilakukan orang tua mereka dahulu. Hal ini ternyata bukanlah mitos dan dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah.

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin A, vitamin B1, asam nitrat, sypnephrine, fosfor dan masih banyak lagi kandungan lainnya yang ampuh dalam mengatasi masalah seperti batuk. Apa hanya batuk yang dapat diatasi oleh jeruk nipis? Tentu saja tidak! Simak beberapa manfaat jeruk nipis yang jarang diketahui berikut ini.

  1. Mengatasi Haid yang Tidak Teratur

Salah satu gangguan haid yang sering sekali dialami para wanita adalah haid yang tidak teratur. Umumnya, haid seorang wanita yang tidak teratur setiap bulannya dipengaruhi oleh faktor stress, terlalu banyak kegiatan fisik dan gangguan kesehatan lain. Jeruk nipis merupakan salah satu obat alami untuk mengatasinya. Anda hanya perlu menambahkan air jeruk nipis dan air panas serta tambahan 1 sendok madu. Minum selagi hangat 3 kali sehari secara teratur.

  1. Mencegah Rambut Rontok dan Ketombe

Manfaat jeruk nipis yang kedua adalah sebagai pencegah rambut rontok dan ketombe. Cara pencegahannya pun sangat mudah. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian lalu oleskan pada kulit kepala. Bungkuslah kepala menggunakan plastik atau kain selama sehari. Setelah itu, cuci kepala hingga bersih. Sebaiknya Anda melakukan hal ini sebanyak 3 kali selama sau minggu.

  1. Melangsingkan Badan

Jeruk nipis ternyata juga mampu menjadi sahabat bagi orang-orang yang sedang melakukan diet karena jeruk nipis mempunyai kandungan nutrisi dan vitamin yang berfungsi untuk melangsingkan badan. Dalam manfaat yang satu ini, jeruk nipis biasanya dikonsumsi sebagai tambahan bahan utama seperti teh hijau. Jadi, minumlah sedikit air perasan jeruk nipis dan teh hijau setiap harinya.Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Umumnya, jeruk nipis dipakai oleh masyarakat sebagai bahan pembersih seperti pembersih peralatan dapur, atau penghilang bau amis pada ikan dan ayam. Nah, ternyata jeruk nipis juga dapat membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit yang mati, termasuk komedo. Usahakan untuk mengoleskan air jeruk nipis pada kulit dan dilanjutkan dengan luluran untuk hasil sempurna.

  1. Mengobati Jerawat

Khasiat jeruk nipis pada kulit ternyata bukan hanya mengangkat sel kulit mati tetapi juga sebagai obat jerawat. Oleskan tetesan air jeruk nipis pada jerwat Anda setiap hari.

Membicarakan manfaat jeruk nipis rasanya tidak akan ada habisnya. Namun sebagian yang disebutkan di atas merupakan manfaatnya yang jarang diketahui yang semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

You might also like