Keuntungan Investasi pada Unit Link

Di era mudahnya mencari informasi, apapun bisa dicari di internet. Jika dulu Anda harus pergi ke bank atau perusahaan asuransi untuk mengetahui informasi mengenai asuransi, sekarang cukup buka internet dan Anda akan mengetahui segala seluk beluk instrumen keuangan. Tidak terkecuali investasi, jika dulu mungkin Anda hanya tahu jenis investasi seperti rumah, emas atau saham, sekarang sudah banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Salah satu investasi yang sedang naik daun adalah investasi unit link.

Investasi unit link adalah investasi yang menggabungkan asuransi jiwa dan juga investasi reksadana. Keuntungan investasi unit link ini ada bermacam-macam dan akan sangat cocok untuk Anda yang ingin menggabungkan investasi reksadana dan juga asuransi jiwa. Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja keuntungan investasi pada unit link.

Anda Bisa Mendapatkan Asuransi dan Investasi Secara Bersamaan

Bagi sebagian orang, kebutuhan akan asuransi dan juga investasi tidak bisa dihindarkan lagi. Inflasi yang terus naik setiap tahun dan ancaman penyakit yang bisa datang kapan saja memang mengharuskan kita untuk memikirkan asuransi dan juga investasi. Untuk Anda yang tidak ingin terlalu banyak instrumen keuangan, unit link hadir dengan solusi cerdas yang menggabungkan investasi dan asuransi. Jadi Anda tidak perlu lagi memilih jenis perusahaan investasi atau asuransi mana yang bagus, karena perusahaan yang mengeluarkan unit link akan memberikan yang terbaik.

Keuntungan Investasi pada Unit Link

Anda Tidak Perlu Memikirkan Premi Bulanan Hangus

Salah satu kelemahan dari asuransi adalah Anda tidak akan mendapatkan keuntungan jika ternyata Anda selama 20-30 tahun tidak sakit, padahal Anda terus membayar premi bulanan. Pada unit link, walaupun Anda tidak pernah sakit bertahun-tahun, premi bulanan yang Anda bayarkan tetap bisa Anda nikmati dengan bentuk keuntungan investasi. Pada unit link, uang premi akan dibagi menjadi premi asuransi dan investasi reksadana.

Anda Bisa Leluasa Menambah atau Mengurangi Premi

Pada unit link, Anda memang diharuskan membayar premi minimum sesuai dengan ketentuan perusahaan. Nah jika Anda merasa ingin menambah premi pada asuransi ataupun investasi, Anda memilih dengan bebas. Beberapa perusahaan yang menawarkan unit link ada yang membuat beberapa pilihan premi dan investasi tambahan. Misalnya Anda ingin mendapatkan fasilitas asuransi yang lebih maksimal, Anda bisa menambah premi dan begitu juga sebaliknya. Ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi Anda yang ingin menikmati asuransi dan juga investasi secara bersamaan.

Fasilitas Cuti Premi

Keuntungan selanjutnya adalah fasilitas cuti premi. Bagi beberapa perusahaan investasi atau asuransi, cuti membayar premi ini sangat sulit dilakukan, karena premi memang harus jalan terus. Tetapi tidak pada unit link, di sini Anda akan diberi kesempatan untuk menikmati fasilitas cuti premi. Bahkan Anda tetap bisa mendapatkan fasilitas layaknya Anda membayar premi secara penuh. Yang harus Anda lakukan adalah dengan seksama membaca polis.

Asuransi Akan Berlaku Seumur Hidup

Keuntungan selanjutnya adalah asuransi yang Anda terima ini bisa berlaku seumur hidup. Biasanya asuransi di unit link ini dapat Anda nikmati sampai usia 70 tahun bahkan 80 tahun. Ini memang kelebihan dari unit link untuk orang yang ingin fokus terhadap asuransi dan juga investasi. Untuk asuransi jiwa murni, Anda biasanya menerima fasilitas asuransi ini sampai batas tahun tertentu.

Investasi Sudah Dikelola dengan Baik

Sama dengan reksadana, pada unit link uang premi Anda sebagian akan dibuat investasi reksadana. Jadi Anda tidak perlu lagi kebingungan untuk mengelola investasi, karena semua uang Anda akan dikelola dengan baik oleh perusahaan. Yang perlu Anda lakukan adalah memantau setiap bulan bagaimana pergerakan dari investasi Anda.

Walaupun sangat menguntungkan, Anda harus berhati-hati dalam melihat polisnya. Apakah memang menguntungkan bagi Anda atau tidak? Semoga beruntung.

You might also like