penyebab diare dan cara mengatasinya

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Diare

Diare adalah penyakit akibat gangguan pada sistem pencernaan yang umum dialami oleh sebagian besar orang. Masyarakat menganggap bahwa penyakit ini merupakan penyakit ringan yang tidak perlu mendapat penanganan serius. Namun ternyata diare dapat menjadi gejala awal yang mengindikasikan berbagai penyakit yang lebih serius jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Diare umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk penderitanya. Sayangnya, kebanyakan dari mereka masih tidak menyadari bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan diare. Simak beberapa kebiasaan buruk penyebab diare dan cara mengatasinya berikut ini.

  1. Kebiasaan Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Bukan hanya anak kecil, orang dewasa pun masih banyak yang malas mencuci tangan ketika mereka hendak menyantap makanan. Hal ini memang terdengar sepele namun dampaknya bisa sangat berbahaya apalagi jika Anda memiliki kuku panjang yang kurang bersih. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda di sekitar dan dari sanalah bakteri dan virus dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

  1. Kebiasaan Tidak Mencuci Bahan Makanan dengan Benar

Buah-buahan merupakan bahan makanan yang umumnya tidak dicuci dengan benar terlebih dahulu. Akan ada kemungkinan bakteri dan kuman masih menempel jika Anda mengonsumsi buah-buahan, sayuran atau bahan makanan lainnya yang tidak dicuci dengan benar.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Makanan Berbahan Pengawet

Makanan berbahan pengawet akan sangat berbahaya jika dikonsumsi secara terus-menerus. Bahan pengawet dan pemanis buatan yang terkandung di dalam makanan tergolong sebagai bahan kimia yang akan mendapat penolakan dari tubuh manusia. Hal ini kemudian menyebabkan seseorang terkena diare.

penyebab diare dan cara mengatasinya

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Anda pasti tahu bahwa setiap obat yang ditujukan untuk mengobati suatu penyakit selalu mempunyai efek samping yang tidak bisa dielakkan. Obat-obatan seperti antibiotik yang umumnya sangat berguna dalam menyembuhan penyakit ternyata memiliki efek samping yang menyebabkan penyakit diare. Hal ini terjadi akibat terganggunya keseimbangan bakteri pada usus oleh konsumsi antibiotik tersebut.

  1. Kebiasaan Mengonsumsi Buah Berkadar Gula Alami Tinggi

Buah-buahan seperti jambu biji, apel, mangga dan melon merupakan contoh buah-buahan yang memiliki kadar gula alami tinggi (gula fruktosa). Gula ini dapat menyebabkan diare bagi sebagian orang dengan pencernaan lemah.

Setelah mengetahui kebiasaan penyebab diare ini, Anda pasti sudah bisa menebak bagaimana cara mengatasinya. Ya, biasakanlah menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, hindari konsumsi makanan di pinggir jalan yang rentan akan pemanis buatan, jaga kebersihan lingkungan serta selalu cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi. Selain itu Anda juga bisa mengatasinya dengan memasak makanan sampai matang, masak air dengan benar, cuci peralatan dapur dengan benar dan tingkatkan imunitas tubuh Anda.

You might also like