Makanan Bayi 6 Bulan

Inilah Jenis Makanan Bayi 6 Bulan Yang Tepat

Makanan untuk bayi yang dalam masa pertumbuhan sangatlah penting. Ini bisa membantu bayi lebih sehat dan pintar. Untuk bayi umur bulan, makanan hanya menjadi pendamping saja. nutrisi utamanya tetap didapatkan dari ASI. Untuk bayi berumur 6 bulan, lebih baik menggunakan makanan yang berbentuk bubur, karena sistem pencernaannya belum bekerja dengan optimal. Jika makan makanan yang keras, masih sulit untuk dicerna. Makanan yang diberikan jumlahnya juga lebih sedikit karena hanya untuk pendamping saja. Jika terlalu banyak, akan mengurangi porsi ASI yang diberikan karena sudah merasa kenyang. Berikut ini beberapa jenis makanan bayi 6 bulan yang bisa anda gunakan.

Makanan Untuk Bayi Umur 6 Bulan

Bayi berumur 6 bulan sebenarnya tidak butuh asupan makanan yang terlalu banyak. hanya cukup makanan pendamping asi saja. karena makanan utamanya masih asi. Jangan diberi makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang cocok untuk bayi berumur 6 bulan.

Bubur Sayuran

Sayuran sangatlah bagus untuk pertumbuhan bayi. Sayur mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan. Sehingga bayi akan semakin sehat. Anda bisa merebus lalu menumbuk sayur dan dibuat menjadi bubur. Berbagai macam jenis sayur bisa ditambahkan. Anda bisa memakai ubi jalar kemudian ditambah dengan berbagai macam sayur. Seperti wortel, kentang dan sayuran hijau lainnya. tak perlu ditambah bumbu terlalu banyak, karena bayi belum begitu mengenal rasa.

Bubur Buah

Selain dari sayuran, anda juga bisa membuat makanan bayi dari buah-buahan. Bisa buah pisang, apel dan lainnya. buah mengandung berbagai macam nutrisi. Bisa membantu pertumbuhan bayi menjadi lebih sehat, jangan berikan buah yang masih utuh,karena bisa membuat bayi tersedak. Pepaya juga sangat bagus untuk anak-anak. bisa membuat pencernaan semakin lancar. Alpukat juga baik buat bayi. Tak perlu dicampur dengan gula, karena buah-buahan sudah punya pemanis alami yang aman. Pemberian buah bisa dijadikan cemilan bayi anda.

Ide Makanan Bayi 6 Bulan

Bubur Nasi

Bayi 6 bulan juga bisa diberi nasi. Tapi dengan takaran yang benar. Jangan berlebihan karena bisa membuat obesitas. Buat nasi menjadi bubur nasi. Bisa dicampur dengan buah, ikan atau daging. Sehingga tak hanya memberikan karbo pada nasi saja. Tapi ada nutrisi lain yang didapatkan dari sayur dan ikan. Nasinya tak perlu banyak, campurannya bisa diperbanyak. Pada saat memasak bubur nasi, tambahkan sedikit asi atau susu formula. Tapi hati-hati jangan sampai susu mengental.

Bayi berumur 6 bulan tidak butuh makanan yang banyak. ketiga makanan diatas sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bayi anda. yang paling penting adalah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi berumur 6 bulan. Misalnya untuk protein bisa didapat dari ayam dan daging. Lalu lemak bisa memberikan energi untuk bayi. Kalau lemak sumbernya banyak sekali. Daging pun mengandung lemak. Tapi kebutuhannya juga harus disesuaikan.

Untuk bayi berumur 6 bulan tak perlu ditambah garam atau gula. Apalagi menggunakan msg. Cukup gunakan pemanis asli dari sayuran atau buah. Ini lebih aman untuk anak-anak. sampai umur satu tahunan, lebih baik tak perlu diberi perasa buatan karena akan membuat bayi tidak suka dengan asi. Itulah sedikit informasi yang bisa kami berikan tentang makanan bayi 6 bulan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

You might also like