manfaat susu bagi kesehatan

Inilah 6 Manfaat Susu Bagi Kesehatan

Susu merupakan produk minuman yang telah sangat dipercaya dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan. Pada anak-anak, susu akan sangat membantu menggantikan peran ASI dalam mendukung proses tumbuh kembangnya. Tidak hanya untuk anak-anak, susu juga sangat besar manfaatnya bagi remaja bahkan orang dewasa.

Sebagian dari Anda mungkin ada yang beranggapan bahwa susu tidak begitu bagus untuk orang dewasa dikarenakan alasan kandungan gula yang dapat menyebabkan menumpuknya kadar gula darah dan lain sebagainya. Padahal, manfaat susu bagi kesehatan orang dewasa juga sangat banyak asal Anda mau menyesuaikan jenis susu dengan kebutuhan. Secara umum, berikut manfaat susu bagi kesehatan.

  1. Menjaga Kepadatan Tulang dan Kesehatan Gigi

Walaupun bukan satu-satunya sumber kalsium, namun susu merupakan sumber kalsium yang paling mudah didapatkan. Kalsium ini mempunyai peranan penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kalsium juga akan menjaga kesehatan gigi Anda.

manfaat minuman susu

  1. Menjaga Berat Badan

Susu terkadang menjadi sesuatu yang dihindari orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan atau malah menjadi konsumsi utama bagi orang-orang yang kekurangan berat badan. Padahal, susu merupakan produk untuk menjaga berat badan ideal. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dari susu jenis skim atau susu rendah lemak.

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Makanan yang manis-manis memang dipercaya sebagai moodbooster yang paling ampuh. Namun, tentu tidak semua makanan atau minuman yang manis baik dikonsumsi. Sedangkan susu jelas aman dikonsumsi dan ampuh dalam mengurangi tingkat stress seseorang. Susu hangat bermanfaat dalam mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Dehidrasi merupakan penyebab utama dari berbagai masalah kulit seperti kusam dan kerutan. Kulit pun harus terus dijaga kelembabannya agar proses perawatan alami kulit dapat terjadi dengan maksimal. Salah satu cara untuk melembabkan kulit adalah dengan konsumsi susu. Hal ini disebabkan oleh kandungan susu yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya kesehatan tulang dan kulit. Susu ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Umumnya, susu mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A tentu sudah dipercaya dan terbukti sebagai vitamin yang paling bagus untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Memperbaiki Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya dari susu adalah sebagai pengatur tekanan darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah peneitian dimana ditemukan sejumlah besar presentase orang dewasa yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki kemunginan kecil untuk mengalami hipertensi.

Dari ulasan sejumlah manfaat susu bagi kesehatan di atas, Anda pasti dapat menyimpulkan bahwa susu sudah selayaknya dimasukkan dalam menu wajib sehari-hari entah itu untuk balita, anak-anak maupun orang dewasa. Hanya saja, Anda harus pandai dalam memilih susu sesuai usia dan kebutuhan. Saat ini telah banyak sekali toko yang jual susu secara online yang tentunya akan semakin memudahkan anda untuk membelinya terlebih bangi anda yang tidak banyak memiliki waktu luang untuk berbelanja..

You might also like