Ini 4 Kiat Menggunakan Generator untuk Pemula

Ini 4 Kiat Menggunakan Generator untuk Pemula

Load bank dan generator set seringkali digunakan untuk industri. Baik itu industri rumahan maupun pabrik atau industri skala besar lainnya. Nah, jika kamu berniat menggunakan generator set namun belum paham cara penggunaaannya, berikut ini beberapa kiat menggunakan generator set untuk pemula.

  1. Cek Bahan Bakar

Sebelum menyalakan generator set, kamu harus memeriksa bahan bakarnya terlebih dahulu. Walau generator set yang kamu gunakan mengalami pemeriksaan secara berkala, ada baiknya untuk mengecek sesaat sebelum menyalakannya. Sebagai solusi listrik untuk industri, memerhatikan keadaan generator set sangatlah penting.

Jika bahan bakar dari generator set yang akan dinyalakan habis kamu bisa mengisinya secukupnya. Disarankan untuk tidak terlalu penuh mengisikan bahan bakar namun juga kamu harus memerhatikan apakah bahan bakar yang tersisa cukup selama masa penggunaan generator set.

  1. Cek Ulang Kapasitas Oli

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah mengecek kapasitas oli. Kamu harus memastikan oli pada generator set terisi sesuai dengan kapasitas  yang dibutuhkan. Jika oli melebihi kepasitas maka generator set bisa jadi tidak akan menyala atau berjalan dengan tersendat-sendat.

  1. Cek Kondisi Accu

Selanjutnya kamu bisa memastikan kondisi accu, apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika mesin generator set langsung hidup dalam satu kali starter, berarti kondisi accu berfungsi dengan baik. Namun jika kamu memerlukan beberapa kali starter sebelum generator menyala, bisa jadi kondisi accu dari generatormu bermasalah.

  1. Pastikan Saklar Sudah Dipindahkan

Tahap selanjutnya yang perlu kamu perhatikan sebelum menyalakan load bank atau generator adalah memastikan kondisi saklar untuk arus PLN sudah dimatikan. Pastikan juga arus generator sudah berada dalam posisi on untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Meski arus listrik sedang mati, kamu tetap harus mematikan saklar PLN.

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu terapkan saat menggunakan generator set bagi pemula. Jika kamu membutuhkan generator namun hanya perlu menggunakannya beberapa kali, Sewatama menyediakan penyewaan generator untuk industri.

Tidak harus membeli, kamu bisa menemukan solusi listrik untuk industri rumahanmu dengan menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Sewatama. Sewatama juga memiliki technical engineer yang berpengalaman dan dapat menjamin keamananmu selama menggunakan generator.

You might also like