Hindari Kerusakan Genset dengan Tips Perawatan Berikut

Hindari Kerusakan Genset dengan Tips Perawatan Berikut

Salah satu cara untuk menghindari Anda bolak balik ke tempat service genset 24 jam adalah dengan merawatnya. Karena sebenarnya kita bisa mencegah agar genset tidak mudah rusak. Ingin tahu cara merawatnya?

Kami memiliki beberapa tips terkait dengan cara merawat genset dengan benar. Tips ini bisa Anda gunakan untuk meminimalisir penggunaan jasa operator genset jika ongkosnya terlalu mahal. Namun tetap Anda tetap membutuhkan jasa mereka untuk maintenance tahunan, ya. Lalu apa saja tipsnya? Simak berikut ini

Jaga selalu kebersihan genset

Genset harus rutin dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menumpuk. Karena jika sampai ada kotoran yang menjadi kerak, genset akan rusak dengan sendirinya. Jagalah genset agar tetap bersih tanpa kotoran yang membandel.

Tempatkan genset di lokasi yang kering

Karena genset menghasilkan listrik yang tinggi, maka letakanlah di tempat yang kering jauh dari air. Karena jika ada genangan, dikhawatirkan terjadi sengatan listrik karena air merupakan konduktor yang baik.

Ganti spare part yang sudah tidak layak

Spare part seperti layaknya tubuh manusia, akan lekang oleh waktu sesuai dengan penggunaannya. Jika ada spare part yang sudah aus atau tidak layak, segera ganti dengan yang baru. Spare part yang aus akan memengaruhi komponen lain dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Periksa selalu air radiator

Jangan biarkan air radiator habis karena akan membuat genset rusak. Jika airnya kering, tentu akan memengaruhi kinerja genset dan memperburuk kondisinya. Selalu cek ketersediaan air radiator untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Selalu cek aki genset

Salah satu bagian terpenting pada genset ialah aki. Cek secara berkala dan ganti aki jika sudah kurang bagus. Biasanya umur aki minimal satu tahun. Tapi jika dirawat dengan benar, aki bisa berumur hingga tiga tahun.

Periksa selalu ketersediaan bahan bakar

Jangan biarkan bahan bakar dalam keadaan menipis atau kosong sama sekali. Hal ini akan merusak genset. Jadi jika sudah berkurang, isi segera sebelum habis sama sekali.

You might also like