Mengenali Gejala Alergi Susu Sapi

Faktor Resiko Penyebab Alergi Susu Pada Anak

Banyaknya kasus alergi susu pada anak menimbulkan kekhawatiran bagi benak masing-masing ibu. Mereka takut jika anaknya nanti tidak mendapatkan gizi yang cukup dan seimbang. Kurangnya gizi yang didapat oleh anak dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terganggu. Salah satu akibatnya adalah si anak akan menjadi pendek/kurang tinggi jika disandingkan dengan anak lain yang berumur sama. Dalam beberapa kasus, masalah ini dapat menciutkan rasa percaya diri anak sehingga akan berdampak si anak menjadi seorang yang introvert ketika dewasa nanti.

Perlu diketahui, bahwa alergi terhadap susu sapi dan intoleransi latosa itu 2 hal yang berbeda. alergi terhadap susu sapi adalah kondisi sistem imun pada tubuh anak yang memiliki respon tidak normal jika mendeteksi adanya protein dalam susu. Sedangkan intoleransi laktosa adalah sebuah kondisi dimana sistem pencernaan anak tidak mampu mencerna laktosa. Laktosa sendiri adalah salah satu jenis gula alami yang terdapat pada susu. Gejala yang ditimbulkan oleh keduanya pun berbeda. Namun biasanya cara untuk mengatasinya sama, hampir mirip pula dengan menangani kasus alergi pada makanan.

Faktor-faktor berikut bisa menjadi pemicu munculnya alergi pada anak:

  • Alergi jenis lain

Biasanya anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi, juga memiliki alergi jenis lainnya. Namun yang seringkali menjadi topik utama adalah alergi karena susu sapi.

Mengenali Gejala Alergi Susu Sapi

  • Dermatitis atopik

Biasanya anak yang mengalami dermatitis atopik adalah anak yang mempunyai alergi terhadap makanan tertentu.

  • Riwayat alergi keluarga

Resiko alergi ini akan meningkat apabila dalam keturunan keluarganya diketahui ada yang mempunyai alergi. Misalnya penurunan alergi dari orangtua ke anak.

  • Umur

Masalah alergi karena susu lebih sering menyerang anak-anak. Dan ketika umurnya bertambah, masalah alergi karena susu akan menghilang dengan sendirinya.

SGM adalah produk susu yang diproduksi oleh PT. Sari Husada Tbk. yang telah aktif berproduksi sejak 1965. Dimana terdapat berbagai varian produk susu SGM yang bisa dipilih. Untuk mengatasi masalah alergi susu sapi pada anak, dapat dipilih produk SGM Soya. Dan untuk mengatasi intoleransi laktosa bisa memilih SGM LLM+. Sehingga kebutuhan akan gizi anak dapat tetap terpenuhi.

 

You might also like