Cara Mudah Mengenali Manfaat Reksa Dana

Cara Mudah Mengenali Manfaat Reksa Dana

Investasi demi pengembangan dana yang di miliki kini beragam jenisnya salah satunya adalah reksa dana. Reksa dana merupakan media pengumpul modal dari para investor pemula dengan modal yang relatif kecil yang akan dikelola oleh manager investasi dalam berbagai bentuk investasi seperti saham, pasar uang, obligasi dan sebagainya. Jadi reksa dana mudah termasuk investasi yang cukup menanamkan modal saja sedangkan pengelolaan investasi menjadi tanggung jawab perusahaan manager investasi profesional.

Memulai investasi reksa dana mudah bisa dilakukan saat ini juga. Untuk memahaminya harus diawali dengan mengenali manfaatnya. Adapun manfaat dari reksa dana adalah sebagai berikut;

  • Dana dikelola manajemen profesional, reksa dana dilaksanakan oleh Manager Investasi yang memiliki keahlian khusus dalam pengelolaan dana. Manager investasi adalah orang-orang yang ahli dan kredibilitas di bidang investasi, tidak sembarangan orang dapat menjadi manager investasi, namun mereka yang telah teruji dan mendapatkan lisensi khusus sebagai pengelola investasi.
  • Diversifikasi investasi, penyebaran investasi dalam bentuk portofolio dimungkinkan akan mengurangi risiko karena dana diinvestasikan pada berbagai jenis efek, dapat pula dikembangkan di busra saham, reksa dana pendapatan tetap maupun reksa dana campuran dan berbagai jenis lainnya yang memungkinkan investaasi berjalan lancar dengan resiko yang minimal. Penyebaran investasi tidak hanya dalam satu jenis maka resikonya pun tersebar cara ini amat mungkin mengurangi resiko daripada hanya satu jenis investasi.

Cara Mudah Mengenali Manfaat Reksa Dana

  • Informasi yang transparan, reksa dana mewajibkan memberikan informasi atas perkembangan portofolio, biaya, dan keuntungannya, serta resiko setiap saat, sehingga Investor bisa memonitor perkembangan investasi yang ditanamkan secara rutin. Manager investasi akan menyimpan di bank kustodian dan semua informasi keuntungan, kerugian dan resikonya dapat di ketahui oleh investor tanpa di tutup-tutupi.
  • Likuiditas tinggi, instrumen investasi pada reksa dana terbuka wajib membeli kembali Unit Penyertaannya sehingga sifatnya sangat likuid. Sehingga investor meskipun tahu akan resikonya namun keuntungannya juga sebanding.
  • Biaya Rendah, efisiensi biaya transaksipada reksa dana dimana biaya transaksi akan menjadi lebih rendah daripada investasi individual di bursa.

Reksa dana mudah diikuti karena investor atau pemilik modal tidak menjalankannya sendirian. Bahkan yang tidak familiar dengan apa reksa dana dapat menanamkan modalnya melalui perusahaan manager investasi terbaik yang sudah berpengalaman seperti PT BNP Paribas yang profesional di bidang ini.