cara membaca not balok piano untuk pemula

Cara Mudah Belajar Dan Membaca Kunci Piano

Piano merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan jari jemari tangan. Setiap pemain piano memiliki julukan sebagai pianis. Piano memiliki banyak sekali tuts, dan setiap tuts pada piano menghasilkan suara yang berbeda. Kita dapat memainkan sebuah piano dengan menggunakan kunci piano. Pada umumnya sebuah lagu merupakan satu kesatuan yang membentuk sebuah irama lagu. Untuk mempelajari sebuah piano, biasanya seseorang itu harus belajar terlebih dahulu kepada seorang guru yang ahli piano. Karena alat musik ini memiliki banyak tuts, berbeda dengan gitar, biola.

Macam-Macam Piano

Sebenarnya piano ini terbagi menjadi beberapa macam. Namun yang paling mendasar adalah perbedaan dari piano dan juga keyboard. Piano dan keyboard memang berbeda, walaupun keduanya sama-sama dimainkan dengan menggunakan jari serta memiliki tuts yang sama. Kunci piano dan juga keyboard juga sama, namun terdapar perbedaan yang signifikan antara keduanya. Piano hanya dapat dimainkan dengan jari jemari tanpa efek suara lain. Benar-benar murni bersuara piano. Piano klasik, mampu menghasilkan suara yang indah.

Biasanya piano klasik memiliki tuts yang banyak dan sangat lengkap. Bentuk piano pun juga besar dan tidak dapat dibawa kemana-mana. Saat ini juga terdapat piano elektrik yang mampu memberikan efek bermain piano yang lebih indah. Piano elektrik ini memiliki bentuk yang tidak besar seperti piano klasik. Sedangkan keyboard memiliki kemampuan bermain piano diiringi dengan efek suara lainnya seperti terompet, gitar, biola, hingga perkusi. Sehingga bila kita memainkan keyboard dengan kunci pianodiiringi efek alat lain layaknya sebuah band.

cara membaca not balok piano untuk pemula
Cara Mudah Berlajar Piano

Hal yang paling mendasar dalam cara mudah belajar piano adalah mengetahui not dan Chord. Bila kita telah memahami not dan chord, kita akan mudah dalam membaca kunci piano. Not adalah lambang lagu, sedangkan Chord adalah kumpulan tiga not atau lebih. Bila kita telah menguasai not dan chord akan memudahkan kita dalam membaca kunci piano. Pastinya kita telah mengetahui, pada sebuah lagu, terdapat kunci piano yang panjang. Nah bila kita ingin memainkan lagu tersebut kita harus mengerti terlebih dahulu not dan chord. Not biasanya dilambangkan dengan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, i atau yang sering kita baca do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Dan chord biasanya dilambangkan dengan C, D, E, F, G, A, B, C. Pada tuts piano terdapat tuts hitam yang disebut sebagai nada miring atau yang biasa dituliskan dengan # (kres).

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai cara mudah belajar dan membaca kunci piano. Dengan cara tadi dan mempelajarinya dengan baik, kita dapat memainkan piano secara otodidak tanpa harus mengeluarkan uang untuk les piano. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You might also like