cara merawat dan mencuci sepatu boots kulit

Cara Merawat dan Mencuci Sepatu Boots Kulit dengan Benar

Banyak yang berpendapat bahwa jenis sepatu yang dipakai seseorang akan secara tidak langsung mencerminkan karakter pemakainya. Hal ini dirasa tidak berlebihan untuk diterima oleh akal sehat. Seseorang biasanya memiliki pilihan jenis sepatunya sendiri yang menurutnya sesuai dengan jati dirinya.

Sepatu boots merupakan jenis sepatu yang lumayan banyak digemari. Walaupun tidak selalu dipakai ke semua tempat, sepatu boots dirasa perlu dimiliki sebagai pendukung kegiatan-kegiatan tertentu maupun kebutuhan lifestyle anda. Bahan sepatu boots yang paling digemari adalah kulit. Selain dapat membuat sepatu boots semakin terlihat keren, bahan kulit juga sangat nyaman ketika digunakan. Sepatu boots kulit sendiri membutuhkan perawatan dan pencucian khusus agar tidak rusak dan tahan lama. Berikut cara merawat dan mencuci sepatu boots kulit.

  1. Kenali Jenis Kulit Sepatu Anda

Hal paling mendasar dan paling penting yang harus Anda lakukan adalah mengenali jenis kulit sepatu Anda. Setiap jenis kulit membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda. Selain itu, Anda juga harus mengenali tingkat kelembabannya serta sifat kulit sepatu Anda.

  1. Selalu Simpan Sepatu di Tempat Kering

Tempat Anda menyimpan koleksi sepatu boots kulit Anda pun juga berpengaruh terhadap kondisi sepatu. Usahakanlah untuk selalu menyimpan sepatu boots kulit Anda di tempat yang kering. Hindari penempatan pada daerah yang lembab apalagi basah.

  1. Gunakan Silica Gel

Dimanapun tempat Anda menyimpan sepatu boots Anda, baik itu di dalam kotak sepatu maupun di rak sepatu, pastikan Anda memasukkan silica gel ke dalam sepatu boots kulit Anda. Pemakaian silica gel ini akan membantu menyerap suhu lembab dalam sepatu Anda serta untuk menjaga bentuk dari sepatu boots tersebut.cara merawat dan mencuci sepatu boots kulit

  1. Cuci dengan Benar

Sepatu boots berbahan kulit tentu saja membutuhkan metode tersendiri dalam pencuciannya. Sebenarnya, sepatu boots berbahan kulit ini tidak perlu sering dicuci. Namun, Anda perlu membersihkannya segera setelah dipakai dengan menggunakan sikat lembut untuk menepuk-nepuk kotoran yang menumpuk pada sepatu. Jangan pernah membiarkan kotoran menumpuk di sepatu Anda dalam waktu yang lama karena akan merusak kulit sepatu Anda.

Jika memang sepatu Anda telah harus dicuci demi menghilangkan noda, maka cucilah dengan cara yang benar seperti di bawah ini.

  • Siapkan kain bersih dan basahi dengan larutan sabun pelembab.
  • Gunakan kain untuk menggosok noda pada sepatu boots kulit Anda.
  • Kemudian, seka air sabun dengan kain basah.
  • Jangan lupa seka kembali dengan lap kering.
  • Gunakan campuran cuka dengan air untuk membersihkan noda garam.
  • Tutupi noda minyak dengan tepung meizena.
  • Gunakan stik kapas dan minyak zaitun untuk menghilangkan goresan.
  1. Keringkan dengan Benar

Ingat, sepatu boots tidak boleh dikeringkan atau dijemur di bawah terik matahari. Sumber panas tersebut dapat memecah kulit sepatu. Pengunaan hair dryer pun tidak dianjurkan kecuali Anda melapisinya terlebih dahulu dengan koran bekas.

  1. Gunakan Semir Sepatu

Setelah Anda mengikuti semua cara merawat dan mencuci sepatu boots kulit di atas, jangan lupa untuk mengaplikasikan semir atau meminyakinya agar tidak gampang ternoda kembali.

Nah, itulah cara merawat dan mencuci sepatu boots kulit yang paling benar. Cara merawat sepatu boots memang sama sekali tidak rumit namun memerlukan ketelatenan. Sepatu boots yang bersih, mengkilap dan tidak berbau tentu akan sangat meningkatkan kepercayaan diri Anda.

You might also like