cara mengatasi wajah berminyak dan kusam

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah

Wajah adalah organ tubuh yang paling utama karena yang dilihat pertama kali oleh orang lain adalah wajah kita. Wajah berminyak tentu tidak sedap dipandang karena mengesankan kotor, mengkilat dan lengket.

Wajah berminyak secara kesehatan juga tidak baik karena bisa memicu jerawat, flek, komedo dan penyakit kulit lainnya karena minyak akan mengikat debu dan kotoran yang bisa menjadi tempat bakteri berkoloni dan menimbulkan masalah kulit.

Kulit berminyak harus dirawat dengan hati-hati karena jika dibiarkan berpotensi merusak wajah jika terjadi infeksi. Penggunaan make up dan bahan kimia untuk mengatasi wajah berminyak tidak dianjurkan karena bisa memicu permasalahan lain yang lebih parah. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi wajah berminyak dengan mudah.

Kulit berminya bisa diatasi menggunakan jeruk nipis. Caranya mudah, ambil sebutir jeruk nipis, cuci sampai bersih kemudian potong jadi dua. Gosok-gosokkan jeruk nipis ke muka dengan cara memutar supaya cairan jeruk nipis bisa meresap ke dalam kulit. Setelah merata biarkan selama 15 menit sampai kering kemudian cuci muka menggunakan air bersih.

Bengkoang juga cukup ampuh untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya mudah, cukup dengan menghaluskan sebutir bengkoang dan meggunakannya sebagai masker wajah. Yang penting anda pastikan dalam membuat masker bengkoang adalah kebersihan bengkoang dan kebersihan air untuk membilas wajah. Air yang kotor bisa memicu pertumbuhan bakteri apda wajah dan bisa jadi menimbulkan masalah lain pada wajah.

cara mengatasi wajah berminyak dan kusam

Rebusan daun seledri juga baik untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya ambil segenggam daun seledri dan rebus menggunakan 2 gelas air sampai tinggla 1 gelas. Gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci muka. Lakukan sedikit pijatan dengan gerakan memutar untuk memberi kesempatan air rebusan daun seledri meresap kedalam kulit. Lakukan hal ini seminggu 2x maka anda akan mendapatkan kulit muka anda lebih kering dan lebih sehat.

Mungkin sedikit asing jika dibilang pisang juga bisa digunakan untuk masker pencegah kulit berminyak karena jarang kita lihat. Tetapi pisang yang banyak mengandung Vitamin A, B dan E yang sangat effektif untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Ya, cukup dengan menghaluskan sebutir pisang, oleskan ke seluruh wajah, diamkan selam 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Dengan melakukan hal ini secara teratur maka kulit berminyak anda akan terlihat lebih mulus dan cemerlang.

Putih telur sebenarnya cukup baik untuk mengatasi kulit berminyak namun jarang yang memilih cara ini karena baunya yang amis. Padahal hanya dengan menjadikan putih telur sebagai masker maka kondisi wajah berminyak anda akan jauh lebih kinclong. Namun cukup banyak yang merasa risih jika harus mengoleskan putih telur pada wajah sampai kering.

You might also like