Cara Membuat Kulit Lumpia Kering

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering

Lumpia adalah salah satu makanan khas yang identik dengan kota semarang. Apabila anda datang ke kota semarang maka anda akan mendapatkan 2 jenis lumpia. Lumpia yang dimaksud adalah lumpia kering dan lumpia basah. Bedanya lumpia kering dan basah adalah dari segi sentuhan akhir, dimana lumpia kering digoreng terlebih dahulu sebelum dihidangkan. Berbeda dengan lumpia basah dimana tidak membutuhkan proses pengorengan. Ketika kita akan membuat lumpia salah satu elemen yang penting adalah kulit lumpia. Kadang kita malas untuk membuat kulit lumpia karena terkesan ribet. Memang sekarang ini banyak sekali tempat yang menjual kulit lumpia siap pakai. Tetapi akan lebih puas jika kita bisa membuat kulit lumpia sendiri. Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Tanpa menunggu lama lagi akan kami jabarkan cara membuat kulit lumpia kering yang enak untuk anda.

Bahan Bahan yang dibutuhkan:

  •  2 ons tepung terigu
  •  2 butir telur ayam
  •  Garam secukupnya
  •  Minyak
  •  Penyedap rasa
  •  2 sendok makan mentega

Cara Membuat Kulit Lumpia Kering

Penggunaan mentega pada kulit lumpia akan membuat hasil yang lebih maksimal. Karena mentega akan membuat rasa kulit lumpia menjadi lebih gurih serta lebih kalis pada saat proses pembuatan kulit.

Cara membuat kulit lumpia

  1. Siapkan tempat untuk mengaduk bahan
  2. Masukkan tepung, telur dan mentega kedalam wadah
  3. Aduk hingga merata
  4. Tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera anda
  5. Jangan menambahkan garam berlebihan karena sudah ada rasa asin dari mentega
  6. Panaskan teflon
  7. Olesi dengan sedikit minyak
  8. Masukkan adonan dengan perlahan hingga membentuk bulatan sesuai dengan ukuran teflon yang anda gunakan
  9. Tunggu hingga kulit lumpia berwarna sedikit kecoklatan
  10. Angkat dan dinginkan

Kulit lumpia kering yang anda buat bisa anda langsung kreasikan dengan mengisikan isian lumpia. Isian lumpia yang asli adalah rebung dan juga ayam. Tetapi anda bisa mengisinya dengan bahan makanan yang anda suka seperti sosis dan juga sayuran. Kulit lumpia ini bisa disimpan dalam waktu lama di lemari pendingin jadi anda tidak usah khawatir. Jika anda suka mengoreng kulit lumpia ini tanpa isi maka anda harus mengorengnya dengan hati hati. Itu karena kulit lumpia akan mudah gosong jika digoreng tanpa isian. Api yang digunakan lebih baik sedang saja untuk menghindari gosong. Kulit lumpia kering yang sudah anda goreng bisa anda cocol dengan saus dan juga sambal. Apabila disekitar anda tidak ada orang yang menjual kulit lumpia maka anda bisa juga menjualnya karena usaha jualan kulit lumpia sangat prospektif. Modal yang anda butuhkan sangat kecil. Tunggu apalagi, segera kreasikan resep kulit lumpia kering ini untuk keluarga dan teman. Semoga bermanfaat.

You might also like