Cara Membuat Cakwe Sederhana Dan Enak

Cara Membuat Cakwe Sederhana Dan Enak

Bila berbicara tentang jajanan, indonesia memiliki berbagai macam jajanan yang sangat enak dan tidak kalah dengan jajanan luar negeri. Salah satunya adalah cakwe. Jajanan yang satu ini sebenarnya berasal dari cina namun di indonesia sendiri makanan ini sangat populer. Biasanya makanan yang satu ini bisa di dapatkan di jajanan kaki lima. Rasa yang sangat lezat dan renyah serta terjangkau tentunya menjadi pilihan orang untuk mengganjal perut. Nah apabila anda tertarik dengan makanan ringan ini, anda juga bisa membuatnya di rumah. Bahan – bahannya pun tidak banyak serta mudah di dapatkan di super market atau warung terdekat anda. nah berikut ini saya akan berikan resep sederhana dari jajanan yang sangat populer ini.

Bahan – bahan untuk pembuatan cakwe adalah tepung terigu sekitar 250 gram, baking soda dan baking powder ½ sendok teh. Tepung maizena 1 sendok makan, air sebanyak 370 ml, garam dan gula pasir secukupnya, saus tomat satu sendok teh dan apabila anda suka pedas tinggal menggunakan saus sambal sesuai selera anda ½ sendok teh dan terakhir minyak goreng secukupnya. Itulah beberapa bahan – bahan yang harus di sediakan sebelum membuat jajanan cakwe sederhana. Bagaimana ? tidak banyak bukan ?. harga dari bahan – bahan tersebut juga sangat terjangkau.

Untuk selanjutnya tinggal cara pembuatannya. hal yang harus anda lakukan adalah menyediakan wadah yang sedang atau besar dan mencampurkan garam secukupnya serta baking soda dan baking powder aduk – aduk hingga rata. Setelah itu masukkan tepung terigu ke dalam campuran tadi dan aduk kembali hingga rata tanpa ada gumpalan. Untuk selanjutnya tambahkan air sekitar 200 ml dan aduk – aduk dan diamkan selama 20 menit. Proses ini harus di lakukan berulang kali sampai 3 atau 4 kali, hal tersebut bertujuan agar adonan tadi elastis dan mudah di bentuk memanjang.Cara Membuat Cakwe Sederhana Dan Enak

Setelah adonan tersebut elastis maka bentuk adonan tadi memanjang dan olesi minyak agar tetap lembab dan diamkan selama 1 jam kurang lebih. Setelah di diamkan anda tinggal memanaskan minyak goreng dan mulai memasak adonan yang telah di bentuk panjang tadi hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu angkat dan cakwe siap di hidangkan bersama saus tomat dan saus pedas yang telah di sediakan tadi. Jika anda tidak memiliki waktu untuk memasak cakwe sendiri, sebaiknya datang langsung ke tempat nongkrong satu ini.

You might also like