bayi kembung dan mencret

Bunda, Inilah Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Perut kembung memang bukan sebuah penyakit, namun kembung akan membuat kita merasa tidak nyaman. Kita sebagai orang dewasa yang mengalami kembung pasti merasa tersiksa dan kurang nyaman. Apalagi jika kembung itu dialami oleh bayi yang belum bisa berbicara untuk mengungkapkan ketidak nyamanan mereka ini. Hasilnya bayi hanya bisa rewel, menangis dan membuat kita semakin panik. Para bunda jangan mengkhawatirkan hal semacam ini bunda. Bagaimana caranya mengatasi kembung bayi? untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

bayi kembung dan mencret

Penyebab Dan Langkah Mengatasi Kembung Untuk Bayi

  1. Penyebab kembung bayi salah satunya adalah proses meminum ASI yang kurang tepat. Mengapa demikian? Ternyata posisi untuk memberikan ASI harus benar ya bunda, pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi daripada posisi perut mereka. Ini akan membuat ASI segera turun ke perut dan tidak terlalu banyak gas didalam perutnya. Begitu juga dalam meminumkan susu dengan dot bayi. Pastikan posisi bayi ketika minum serta hindari udara berada di bagian puting dot. Terkadang lubang dot yang kecil akan mempersulit bayi untuk minum dan membuat gas banyak muncul di puting dot. Bunda dapat membesarkan lubang dot ini agar bayi dapat cepat minum susu.
  2. Langkah mengatasi kembung pada bayi selanjutnya biasakan atau bantu bayi anda untuk dapat bersendawa. Misalnya saja setelah selesai minum ASI atau susu formula, buatlah bayi anda bersendawa. Ini akan baik dan memastikan bayi tidak memiliki gas berlebih dalam perutnya yang mengakibatkan kembung. Cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan metode bersendawa ini dapat dilakukan dengan mudah. Setelah selesai minum ASI angkat secara perlahan bayi anda dan buat dia berada di posisi hampir berdiri. Sehingga ASI atau sufor akan secara keseluruhan masuk kedalam perut dan sendawa akan keluar. Atau posisikan bayi tidur terlentang kemudian bangunkan dengan perlahan, bila belum bersendawa ulangi beberapa kali.

Bagaimana bunda, sudah paham mengenai cara mengatasi perut kembung pada bayi? Mudah bukan. lakukan hal tersebut agar bayi tidak mudah kembung. Selain itu jangan lupa untuk memberikan minyak kayu putih di bagian perut dan punggung bayi, agar bayi merasa hangat dan tidak mudah kembung.

You might also like