Begini Cara Merawat Sepatu Gunung Dengan Benar

Begini Cara Merawat Sepatu Gunung Dengan Benar

Tidak sedikit para pendaki gunung yang menyepelekan perawatan sepatu gunung setelah digunakan. Padahal hal ini akan sangat berpengaruh pada tingkat keawetan dan kenyamanan sepatu gunung ketika akan dikenakan kembali. Kebanyakan dari mereka hanya merawat sepatu hiking seadanya dan seperlunya saja. Hal ini sebenarnya akan membuat sepatu hiking yang kamu miliki cepat mengalami kerusakan akibat perawatan yang sangat tidak tepat atau bahkan tidak dilakukan perawatan sama sekali.

Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan sepatu gunung yang tepat dan cocok ketika digunakan. Setiap pendaki memiliki kaki dengan kondisi dan bentuk yang berbeda – beda jadi tidak semua sepatu gunung dapat dengan mudah terasa pas dan nyaman ketika digunakan. Ketika menemukannya pun beberapa pendaki mengalami kesulitan untuk membelinya karena harga yang cukup mahal. Yup sepatu gunung dengan kualitas terbaik memang cukup menguras kantong. Hal ini seharusnya dijadikan bahan pertimabangan oleh para pendaki gunung untuk menjaga dan merawat sepatu gunung eiger yang mereka miliki. Coba perhatikan beberapa hal berikut ketika merawat sepatu gunung kesayanganmu.

Cara mencuci sepatu gunung

Cuci sepatu gunung dengan menggunakan sikat atau alat yang tepat seperti menggunakan lap basah atau sikat lembut untuk membersihkan area atas sepatu gunung. Dan menggunakan sikat yang lebih keras pada bagian bawah atau sol sepatu hiking. Jangan menggunakan sabun terlebih lagi untuk sepatu yang memiliki lapisan anti air. Jikapun memang harus menggunakan sabun gunakan sabun yang memiliki ph normal seperti sabun bayi.

Cara mengeringkan sepatu gunung

Keringkan sepatu gunung di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung seperti di bawah atap yang hanya terkena angin.Begini Cara Merawat Sepatu Gunung Dengan Benar

Perawatan sebelum menyimpan

Umumnya sepatu gunung dibuat dengan dua jenis bahan yakni bahan kanvas dan kulit. Untuk sepatu gunung berbahan kulit cukup dengan menyemir sepatu terlebih dahulu sebelum disimpan. Sedangkan untuk sepatu gunung eiger berbahan kanvas yang memiliki sifat waterproof cukup dengan menyemprotkan cairan waterproof yang biasa digunakan.

Cara menyimpan sepatu gunung

Masukan gulungan kertas polos pada bagian dalam sepatu gunung sebelum disimpan. Jangan gunakan kertas Koran agar tidak ada noda tinta yang menempel pada bagian dalam sepatu. Simpan sepatu di dalam dus dengan memberikan beberapa silica gel. Hal ini dilakukan guna menghindari jamur. Simpan kardus sepatu gunung di tempat yang kering dan tidak lembab.

You might also like