Asuransi Online Terpercaya

9 Syarat yang Harus Dipenuhi oleh Asuransi Online Terpercaya

Kemudahan berinternet telah merevolusi dunia asuransi. Peran asuransi online pada era ini pun seakan menjadi jawaban mulus atas pemerataan layanan asuransi hingga ke seluruh pelosok negeri. Sebagai pihak “pengguna” atau pemegang polis, lebih baik cari tahu dulu apakah penyedia asuransi berbasis online pilihan memenuhi 9 syarat wajib ini atau tidak.

  1. Banyak Relasi

Pada asuransi lewat online, biasanya bukan perusahaan asuransi langsung yang gencar melakukan promosi atas layanannya. Mengapa? Soalnya pihak perusahaan sudah memiliki pelanggan tetap via offline. Berarti mirip agen? Betul, alias perantara. Jadi, pilihlah yang memiliki relasi dengan banyak perusahaan asuransi terkemuka. Biar aman.

  1. Mudah Dihubungi

Dikarenakan bersifat online, maka syarat ini wajib terpenuhi oleh penyedia asuransi. Tujuannya agar mudah berkomunikasi dengan pengguna. Jadi, ketika ada apa-apa penanganannya lebih mudah. Bahkan kalau bisa, pilih penyedia asuransi yang sudah membuat aplikasi khusus untuk mendaftar, mengurus, maupun klaim asuransi biar cepat.

  1. Dapat Dipertanggungjawabkan

Asuransi yang terpercaya, baik lewat online maupun offline harus memiliki payung hukum yang jelas. Kalau bisa, sebaiknya ada perjanjian antara kedua belah pihak (calon pemegang polis dengan penyedia asuransi) dan tanda tangan di atas materai. Ketika sudah ada ikatan hukum, maka akan lebih mudah mengatasinya ketika salah satunya bermasalah.

  1. Mudah Mengajukan Klaim

Inilah titik paling krusial dalam asuransi online. Fase pengajuan klaim menjadi harapan para pemegang polis dalam jenis asuransi apa pun. Soalnya semua pembayaran premi hanya ditujukan untuk hal itu. Kalau proses klaimnya saja sulit, apalagi pelayanannya yang lain? Tingkat kepuasan pemegang polis juga bisa diukur dari poin ini.

  1. Tersedia Banyak Produk Asuransi

Semakin banyak produk dalam jenis asuransi tertentu, maka semakin baik penyedia asuransi tersebut. Misalnya pada asuransi kebakaran, maka layanannya tidak boleh hanya all-risk saja, tetapi harus ada yang lebih dari itu. Istilah lainnya, harus ada jaminan perluasan asuransi. Biar perlindungan terhadap pemegang polis juga lebih variatif.

  1. Punya Lisensi AAJI

Apa itu AAJI? Tidak lain merupakan kependekan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Setiap agen asuransi online terpercaya selalu memiliki sertifikat ini. Dengan adanya lisensi tersebut, Anda dapat memastikan bahwa penyedia asuransi tersebut sudah mendapatkan berbagai pelatihan dari perusahaan asuransi terkait.

  1. Informasi Mudah Dipahami

Dalam dunia asuransi yang bersifat online, setiap informasinya harus mudah dipahami. Terutama untuk para pemula yang baru saja tertarik mencoba fasilitas asuransi. Informasi yang kurang jelas tentu membuat para calon pemegang polis mengerutkan dahi. Kemudian berpikir yang tidak-tidak. Betul, kan?

  1. Mampu Online Selama 24 Jam

Meskipun penyedia asuransi sudah punya kantor sendiri, ketika buka layanan online, maka waktu pelayanan harus 24 jam. Barangkali untuk urusan cek bisa diserahkan pada robot engine. Setidaknya data pribadi dari calon pemegang polis tersimpan dengan baik. Penyedia asuransi yang memenuhi syarat ini akan menguntungkan Anda.

  1. Semakin Muda, Semakin Ringan Biayanya

Prinsip dalam dunia asuransi itu begini, “Semakin muda calon nasabah, maka semakin ringan biaya preminya.” Alasannya bagaimana? Umumnya, ketika seorang masih muda, potensi penggunaan asuransi akan lebih kecil daripada yang sudah lanjut usia. Pembayaran premi bulanan juga akan lebih ringan. Kalau penyedia asuransi pilihan Anda begini, berarti bagus.

Memilih asuransi online yang tepat akan banyak memberikan keuntungan untuk Anda. Tidak perlu antre. Setiap hari Anda bisa mengecek sendiri status asuransi yang tengah berjalan. Lebih menghemat waktu. Jadi, waktu yang biasanya dipakai untuk hal-hal yang ribet dalam asuransi, bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

You might also like