Tips Berkunjung ke Bangunan Kosong yang Lama Ditinggalkan

7 Tips Berkunjung ke Bangunan Kosong yang Lama Ditinggalkan

Ada orang-orang yang suka mendatangi tempat-tempat atau bangunan-bangunan kosong yang sudah lama ditinggalkan, apakah untuk menguji nyali, memuaskan rasa penasaran, mengambil gambar foto, mencari barang berharga, atau sekedar hobi.

Padahal bangunan kosong atau tempat-tempat tua yang lama terbengkalai ini biasanya punya penampakan seram dan terkesan horor. Malah mungkin sudah dihuni oleh berbagai makhluk yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Makanya tempat-tempat ini seringkali dihindari oleh banyak orang, dengan alasan-alasan yang menakut-nakuti.

Nah, Anda boleh punya ketertarikan terhadap objek-objek semacam ini, tapi sebaiknya tetap waspada akan hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan diri Anda sendiri. Bangunan-bangunan kosong yang biasanya menyimpan kisah misterius di baliknya memang bisa menarik bagi sebagian orang, tapi Anda tentu tidak ingin gegabah dan berakhir konyol ketika mencoba masuk mencari tahu rahasia-rahasia di dalamnya. Jadi, sebaiknya Anda perhatikan tips berikut ini sebelum Anda nekad beli tiket pesawat online untuk mengunjungi tempat-tempat ini.

1. Selalu Fokus dan Berpikir Sehat

Pikiran Anda adalah modal utama yang bisa menjaga keselamatan diri Anda. Hindari termenung, bengong, atau mengantuk ketika akan mendatangi tempat-tempat kosong semacam ini. Jangan juga berpikir macam-macam atau berkhayal yang tidak-tidak selama Anda berada di tempat ini. Kalau pikiran Anda kosong, Anda bisa saja tiba-tiba berjalan sendiri tanpa sadar, dan mengarah ke bagian bangunan yang kondisinya berbahaya. Menurut banyak orang, Anda juga bisa mudah dirasuki dan diganggu oleh penghuni bangunan yang tidak nampak wujudnya, meski kebenarannya seringkali tidak terbukti. Jadi, Anda perlu tetap tenang dan berusaha untuk selalu memperhatikan objek-objek yang Anda temui, dengan akal pikiran sehat.

2. Bawalah Teman

Ajaklah setidaknya seorang teman yang cukup kuat, untuk menemani Anda saat akan mengeksplorasi tempat-tempat kosong ini. Jangan datang sendirian, sebab kalau terjadi apa-apa pada diri Anda, seperti terjatuh dari tangga yang rapuh, atau hilang kesadaran, Anda pasti membutuhkan orang lain untuk menolong Anda. Keberadaan seorang teman yang bisa diandalkan juga akan membuat Anda merasa lebih aman, dan membantu Anda untuk tetap terjaga karena bisa sambil mengobrol.

Tips Berkunjung ke Bangunan Kosong yang Lama Ditinggalkan

3. Siapkan Alat Komunikasi

Selalu bawa perangkat komunikasi seperti telepon seluler yang baterainya sudah terisi penuh, untuk berjaga-jaga kalau seandainya terjadi hal-hal buruk dan Anda perlu menghubungi kepolisian setempat. Beri tahu seseorang akan rencana Anda untuk mendatangi bangunan kosong lengkap dengan lokasinya, dan informasikan juga perkiraan waktu kapan Anda pulang. Kalau Anda sudah pulang dengan selamat, jangan lupa untuk mengabarinya. Paling tidak, kalau sampai terjadi apa-apa, mereka tahu harus mencari Anda di mana.

4. Sediakan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Selain alat komunikasi handphone, Anda perlu memperlengkapi diri dengan sepatu boots, untuk melindungi kaki dari serpihan kaca, paku, atau beling, pakaian tertutup untuk menghindari gigitan nyamuk dan serangga, sarung tangan karet agar tidak terkena bakteri dan jamur saat menyentuh barang-barang tua, helm untuk melindungi kepala Anda dari benda-benda yang jatuh, dan senter dengan cadangan baterai yang cukup. Jangan berharap ada aliran listrik atau keajaiban di tempat-tempat seperti ini.

Anda tidak akan pernah tahu apa yang bisa menanti Anda di tempat kosong ini. Mana yang lebih Anda kuatirkan, makhluk halus, sekelompok orang jahat dan pemabuk, atau binatang buas? Tidak ada yang tidak mungkin jadi lebih baik antisipasi kemungkinannya dengan membawa alat pertahanan diri seperti spray merica atau spray air mata untuk berjaga-jaga. Kalau Anda menduga ada seseorang di dalam bangunan kosong, lebih baik Anda langsung pergi dari situ.

5. Hormati Bangunan Kosong dan Jaga Perilaku Anda

Jangan sekali-sekali melakukan hal-hal yang tidak sopan di dalam bangunan-bangunan kosong ini, seperti minum-minum alkohol, memakai obat terlarang, mencuri barang, merusak bangunan, berbuat asusila, dan vandalisme. Anda tentu tidak ingin terjerat hukuman kalau-kalau tertangkap basah oleh aparat. Selalu tinggalkan bangunan kosong ini dalam keadaan yang sama seperti ketika Anda datang. Selain itu, jagalah perilaku dan perkataan Anda selama mengeksplorasi tempat-tempat ini, tidak perlu berlagak berani, menantang sesuatu yang tidak benar-benar Anda ketahui, atau berkomentar negatif. Malah lebih bagus kalau Anda mengucapkan permisi dulu sebelum memasuki area bangunan kosong, dengan niat baik untuk mengabadikan keberadaan bangunan yang terlupakan di dalam foto-foto Anda, misalnya.

6. Kalau Ketakutan Jangan Panik Lari

Berlari karena ketakutan justru bisa mencelakakan diri Anda. Apalagi kalau Anda berada di dalam kondisi bangunan yang rapuh dan rusak. Anda bisa saja malah tersandung, terbentur, terpentok, terjeblos, dan tertimpa material bangunan yang sudah lapuk akibat pergerakan kaki Anda saat berlari. Tetaplah berjalan hati-hati dan perlahan-lahan keluar menjauhi bangunan jika situasi mengharuskan Anda untuk pergi.

Pada dasarnya, kalau perasaan Anda tidak enak, dan mencium sesuatu yang tidak beres, maka langsung pergi saja. Tinggalkan semua itu bersama misteri yang akan menjadi daya tarik bangunan kosong tersebut.

7. Pakai Baju Hitam Untuk Menyamarkan Diri

Kalau Anda tidak ingin ketahuan atau kelihatan orang lain saat memasuki area bangunan kosong ini, sebaiknya Anda berpakaian warna gelap, dengan begitu orang-orang sekitar mungkin tidak akan melihat pergerakan Anda saat mengendap-endap menuju bangunan tersebut. Kalau Anda bermaksud foto-foto di area bangunan atau di dalamnya, gunakan flash yang sesuai dan tidak menimbulkan kecurigaan. Dan seandainya Anda tertangkap basah oleh aparat pun, mereka tidak berhak mengambil kamera Anda dan perangkat foto lainnya milik Anda.

Ada banyak bangunan-bangunan kosong bersejarah dan lama ditinggalkan tanpa perawatan yang layak di sekitar Anda. Apakah Anda siap berpetualang menjelajahinya? Ada Pabrik Tekstil tua di Karawang, Taman Festival Bali yang kini dijuluki kota hantu, Lawang Sewu di Semarang, atau di Jakarta Anda bisa menemukan bangunan-bangunan semacam ini di kawasan Kota Tua.

Cek harga tiket pesawat murah menuju kota-kota yang punya tempat-tempat misterius untuk bisa Anda eksplorasi, dan Anda abadikan ke dalam koleksi foto-foto Anda.

You might also like