Kuliner Nusantara Berkuah

6 Kuliner Nusantara Berkuah yang Banyak Digemari Masyarakat

Kuliner nusantara banyak dikenal oleh masyarakat luar negeri, sebagai salah satu menu makanan terlezat, sebut saja diantaranya adalah rendang, makanan khas Sumatera Barat, yaitu Padang. Bahkan jika dibandingkan dengan menu makanan negara-negara yang lainnya, bisa dikatakan bahwa sajian khas Indonesia termasuk salah satu yang paling kompleks, khususnya adalah dari segi bahan baku pembuatannya, sangat beragam sehingga menghasilkan cita rasa yang khas.

Anda bisa dengan mudah menjumpai menu makanan khas dalam negeri yang banyak dijual di pasaran, mulai dari warung kaki lima hingga rumah makan besar. Dengan tawaran harga juga tak kalah murah dibandingkan dengan menu makanan luar negeri. Sebagian diantaranya adalah menu makanan berkuah, ada banyak jenis menu makanan Indonesia yang mengandung kuah dan dikenal sangat lezat, diantaranya adalah:

  1. Soto, soto ini termasuk salah satu sajian berkuah yang hampir ada di setiap daerah, diantara yang paling terkenal adalah soto Betawi, soto Banjar, soto Madura, Soto Lamongan dan masih banyak lagi. Cita rasanya khas dengan suwiran daging ayam di dalamnya, tak jarang pula yang dibuat dengan menggunakan daging sapi. Dimakan bersama dengan nasi putih hangat.
  2. Bakso, sajian khas yang terbuat dari daging yang digiling dan dibentuk menjadi bulan-bulan, umumnya disajikan bersama dengan kuah hangat dan juga mie putih. Menu yang satu ini bahkan sudah go internasional, Anda bisa menemukannya di beberapa rumah makan Indonesia yang ada di luar negeri, tentunya dengan harga yang jauh lebih mahal.
  3. Rawon, istilah rawon ini sendiri adalah digunakan untuk menggambarkan daging sapi sisa, artinya beberapa bagian yang jarang digunakan seperti jeroan dan daging bagian paha sapi. Dimasak menggunakan bumbu kluwek, sehingga menghasilkan warna yang hitam, namun jangan khawatir karena rasanya dijamin tetap nikmat.
  4. Coto, agak berbeda dengan soto, maka kuah untuk makanan khas Makassar ini jauh lebih pekat dan gurih, sedangkan untuk isi atau menu utamanya sendiri adalah dari daging sapi dan juga jeroannya. Biasa disajikan bersama dengan ketupat atau lontong.
  5. Sop buntut, khusus untuk Anda yang juga menggemari menu makanan berkuah, namun tak ingin rasa yang terlalu menyengat, maka bisa mencoba makanan yang satu ini, sop dengan tambahan daging bagian buntut. Rasanya nikmat dan segar.
  6. Gulai, menu makanan berkuah yang satu ini mengandung santan yang kental, sehingga rasanya sangat gurih, untuk bahan isinya sendiri bisa dengan daging sapi, kambing maupun ikan, namun yang khasnya sendiri adalah kambing.

Sangat mudah menemukannya di pasaran, bahkan jika Anda ingin mencoba membuat resep kuliner nusantara tersebut juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

You might also like