Hikmah Ibadah Qurban

5 Hikmah Ibadah Qurban bagi Umat Muslim

Tidak lama lagi kita akan berjumpa kembali dengan Hari Raya Idul Adha. Hari raya besar bagi kita. Ketika nanti sudah tiba, tak seorang pun di muka bumi ini yang diperbolehkan berpuasa. Bahkan juga haram pada tiga hari setelahnya, yang acapkali dikenal dengan Hari Tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13). Memangnya apa saja sih hikmah ibadah qurban bagi umat muslim? Di antaranya ada 5 yang perlu diketahui.

  1. Menjaga As-Sunnah

Sesuai apa yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW ketika Haji Wada’, bahwa kita wajib menjaga dua pusaka umat muslim, yakni Al-qur’an dan As-Sunnah (Al-Hadits). Dengan kedua pegangan inilah yang bisa membawa kita selamat dunia dan akhirat. Dalam keduanya, tak tertinggal sedikit pun masalah soal keutamaan berqurban.

  1. Mendekatkan Diri pada Allah

Qurban dalam bahasa Arab berlafal qaraba, yang berarti dekat. Apakah Anda suka kalau menjadi makhluk yang dekat dengan Allah? Tentu semua orang menginginkannya. Menjalankan perintah sekaligus meninggalkan larangan-Nya adalah saran terbaik untuk mendekatkan diri pada-Nya, termasuk dalam hal berqurban.

  1. Pemersatu Umat Muslim

Ketika acara pemotongan hewan qurban, hampir tidak ada yang sepi. Kebanyakan ramai mengelilingi atau ikut-serta dalam merasakan daging hewan qurban itu. Bayangkan, betapa nikmatnya daging qurban itu untuk kaum yang tidak mampu. Dengan berqurban, Anda sudah membantu mereka dalam hal makanan. Tentu ini lebih bagus daripada antrean bagi-bagi uang.

  1. Menjadi Orang yang Disukai oleh Allah

Ketika seseorang disukai atau bahkan dicintai oleh Allah, maka hampir segala persoalan hidup akan dilalui dengan mudah. Apakah Anda tahu, bahwa qurban adalah perbuatan yang paling disukai oleh Allah pada Hari Raya Idul Adha. Qurban bisa membawa pelaku atau pelaksananya menuju ampunan dan rahmat Allah yang lebih besar.

  1. Sarana Introspeksi Diri

Berqurban tanpa introspeksi berarti kesia-siaan. Qurban bisa jadi pintu gerbang ampunan dan gerbang karunia yang tiada batasnya. Hanya saja, akses menuju kesana juga perlu mengorbankan sesuatu. Bahkan qurban yang lebih besar daripada sapi, unta, kambing, maupun kerbau. Qurban yang dimaksud adalah hawa nafsu.

Dengan berqurban, Anda akan melatih diri sendiri untuk jauh-jauh dari sifat kikir. Sebaiknya, perbuatan ini juga dibarengi dengan sikap penuh keikhlasan. Kebanyakan orang akan selalu menuding-nuding, “Ini qurban dari saya, ini qurban dari saya, ini qurban dari saya.” Meskipun tidak dikatakan secara eksplisit, Allah Maha Tahu apa yang tersembunyi.

Dia akan mencatat perbuatan hamba-Nya berdasarkan niat yang bersemayam dan kokoh dalam hati. Ketika seseorang mampu melewati tahap ini, InsyaAllah, qurbannya juga berkualitas. Hidupnya juga akan berkualitas.

Kami doakan, semoga Anda bisa berqurban untuk esok hari, ataupun tahun depan. Mengingat hikmah ibadah qurban yang begitu utama. Tentu saja agama Islam tidak akan memaksa siapa pun untuk melakukan sesuatu kalau tidak mampu. Anda tidak perlu hutang agar bisa turut berqurban. Tidak begitu. Untuk itu, semoga rezeki Anda senantiasa lancar, sehingga keinginan besar tersebut bisa tercapai.

You might also like