Alat Penggorengan Yang Penting Dimiliki Dapur

5 Alat Penggorengan Yang Penting Dimiliki Dapur

Alat penggorengan atau yang biasa disebut dengan wajan merupakan salah satu perabot rumah tangga yang wajib ada di dapur. Wajan biasanya memiliki bentuk yang lebih ceper, sedikit lengkungan dan lebih lebar dari panci. Alat penggorengan atau wajan biasa digunakan untuk alat menggoreng bahan makanan, seperti ikan, ayam, telur dan banyak lainnya. Dengan banyaknya jenis menu makanan yang dapat dimasak menggunkan penggorengan, makan alat ini pun memiliki banyak jenis. Ini lah dia 5 alat penggorengan yang penting dimiliki dapur.

Dengan banyaknya jenis alat penggorangan ini, dari berbagai ukuran dan bahan pembuatannya meski memiliki fungsi yang hampir sama. Itu sebabnya, Anda wajib mengetahu macam-macam alat penggorengan yang dibedakan dari bentuk dan bahan pembuatannya. Maka dari itu, bagi Anda yang berencana membeli alat penggorengan atau wajan baru, atau bagi Anda seorang Ibu muda yang masih belum dapat membedakan alat penggorengan berdasarkan jenisnya, artikel ini akan sangat bermanfaat karena akan membahas lebih rinci mengenai jenis-jenis alat penggorengan.

Jual Beli Teflon Mini Non Stick Frying

 

Beriku ini 5 alat penggorengan yang penting dimiliki dapur. Simak ya!

  1. Wajan Alumunium

Wajan berbahan alumunium biasanya memiliki warna putih dan berbahan tipis sehingga jika digunakan untuk memasak dapat membuat minyak cepat panas. Wajan seperti ini tidak cocok digunakan untuk menggoreng ikan karena bisa lengket di dasar wajan. Wajan dengan jenis ini biasanya cukup mudah dibersihkan, cukup dengan menggosoknya dengan spons saja.

  1. Wajan Besi

Karena terbuat dari besi biasanya wajan ini memiliki bobot yang lebih berat dibanding wajan bahan alumunium, namun bisa tahan lama dan awet. Asal dirawat dengan benar. Butuh perasawatan khusus untuk wajan besi agar tidak berkarat. Misalnya jangan lupa keringkan wajan menggunakan kain setelah dibersihkan.

  1. Wajan Teflon

Wajan berbahan Teflon ini sebenarnya tidak murni terbuat dari Teflon tapi sebagian besar wajn ini terbuat dari besi lalu dilapisi Teflon. Usahakan untuk tidak merusak lapisan Teflon sehingga membuatnya terkelupas dan membuat masakan menjadi lengket di wajan. Jangan membersihkan Teflon menggunak bahan keras, gunakan spons dan gosok secara lembut untuk tidak merusak Teflon. Selain itu gunakan spatula berbahan plastik atau kayu jangan gunakan spatula berbahan alumunium karena juga dapat merusak permukaan Teflon.

  1. Wajan Wok

Wajan dengan jenis ini biasanya memiliki bentuk cekung yang cukup dalam dan sedikit menyerupai panic, karena fungsin wajan ini memang dibunakan untuk menggoreng makanan dengan jumlah banyak dan juga dapat digunakan untuk memasak makanan berkuah.

  1. Wajan Pemanggang

Wajan ini umumnya digunakan untuk memanggang makanana. Terdiri dari beberapa jenis bahan seperti gerabah atau tanah liat dan wajan pemanggang yang terbuat dari Teflon sehingga tidak lengket saat digunakan dalam memanggang makanan tanpa minya.

Sudah tahu kan, 5 alat penggorengan yang penting dimiliki dapur. Jangan sampai salah pilih ya saat akan membelinya.

You might also like